PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI PROGRAM SIMPELIN DITINJAU DARI PERSPEKTIF E-GOVERNMENT DI KABUPATEN SUKABUMI

Authors

  • Sari Dwi Maudina Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ike Rachmawati
  • Dian Purwanti

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v15i1.5827

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pelayanan administrasi kependudukan melalui program SIMPELIN ditinjau dari perspektif E-government di Kabupaten Sukabumi. SIMPELIN (Sistem Pelayanan online) adalah salah satu upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi untuk menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, dimana semua pelayanan yang diberikan berbasis digital. Namun, pemanfaatan program SIMPELIN dalam pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi masih belum optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel dengan jumlah 96 sampel. Uji hipotesis menggunakan uji satu sampel t-test, sedangkan uji validitas menggunakan kolerasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan melalui program SIMPELIN ditinjau dari perspektif E-government di Kabupaten Sukabumi termasuk pada skala dan klasifikasi efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, W. J. (2019). Research Design Edisi 4. Terjemahan Ahmad Fawaid dan Rianayati K.P. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gioh, A. (2021). Pelayanan Publik E-Government Di Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Minahasa. Jurnal Politico, 10(1).

Hayat. (2018). Buku Kebijakan Publik. Intrans Publishing, September.

Indrajit, R. E. (2016). Konsep dan Strategi Electronic Government. In Electronic Government.

Permatasari, D. A., Almatin, I. N., & Sholihah, W. (2021). Peran Hubungan Masyarakat (Humas) dalam Pengelolaan Layanan Informasi E-Government di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.1.69-82 Agustino, L. (2013). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Jones, C. O. (1996). Pengantar Kebijakan Publik (Public Policy). Terjemahan Ricky Istamto. . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Miles, M. B. H. A. C. (2014). Analisis data kualitatif :Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI-Press.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring.

Peraturan Daerah Kota Sukabumi Nomor 4 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

Downloads

Published

2024-01-31