PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA ORGANISASI PELAYANAN SOSIAL UNTUK PENYANDANG DISABILITAS (STUDI KASUS PADA YAYASAN BIRUKU INDONESIA)

Authors

  • Djulaiha Sukmana Universitas Padjadjaran
  • Soni Akhmad Nulhaqim Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Nurliana Cipta Apsari Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i1.5814

Keywords:

Sumber daya manusia, Pendidikan dan Pelatihan Organisasi Layanan Manusia

Abstract

Pengembangan sumber daya manusia sangat diperlukan karena memiliki aspek yang penting dalam meningkatkan produktivitas kerja dan membantu percepatan pencapaian tujuan organisasi, (Kettner, 2013).Seperti halnya organisasi lain pada umumnya, organisasi pelayanan sosial juga memerlukan fungsi manajemen, yaitu : planning, organizing, Human Resaurce Development (HRD), fundraising dan system information, dan aspek sumber daya manusia berada dalam fungsi manajemen HRD atau pengembangan sumber daya manusia . Secara lebih spesifik, pada pengembangan  sumber daya manusia terdapat 7 aspek yang perlu dipahami, yaitu  mengenai seleksi, perekrutan, orientasi, pelatihan, pengembangan, penilaian kinerja, dan pemutusan hubungan kerja, (Kettner, 2013). Untuk melaksanakan kompetensi pengembangan sumber daya manusia, dalam praktiknya akan melalui tahapan-tahapan tersebut yang akan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan (Action Plan) dan juga disesuaikan dengan kebutuhan organisasi (Setiani, 2013), salah satu kegiatan pengembangan sumber daya manusia dapat dilakukan dengan program pendidikan dan pelatihan. Pada organisasi layanan manusia yang memberikan pelayanan sosial bagi penyandang disabilitas pendidikan dan pelatihan harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada akan keahlian dan kopetensi khusus yang harus diperhatikan bagi pemberian layanan, (Setiani, 2013). Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengembangan sumber daya manusia melalui program pendidikan dan pelatihan pada organisasi pelayanan sosial bagi penyandang disabilitas dengan metode penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif yaitu untuk mendapatkan gambaran mengenai pentingnya pengembangan sumber daya manusia pada organisasi pelayanan sosial bagi penyandang disabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiansah, W., Nulhaqim, S. A., Irfan M., Fedryansyah, M. (2020). Analisis Faktor Eksternal dan Faktor Internal Organisasi Pelayanan Pelayanan Sosial Yayasan Belajar Anak Banten, jurnal Peksos Unpad

Andrew and John May. (1992). Working in Human Services Organisations. A critical Introduction. Longman. Australia Page 84

Austin, M. J., Regan, K., Samples, M. W., Schwartz, S. L., & Carnochan, S. (2011). Building Managerial and Organizational Capacity in Nonprofit Human Service Organizations Through a Leadership Development Program. Administration in Social Work, 35(3), 258–281. https://doi.org/10.1080/03643107.2011.575339

Austin, M. David. (2002). Human Service Management: organizational leadership, Colombia University Press.

Borodkina, O., & Torronen, Maritta and Samoylova, V. (2013). Empowerment as a trend of social work in Russia. Empowering social work: Research and practice, 22. In Empowering Social Work : Research & Practice (Issue January). Research and practice. https://doi.org/22

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran,. Pustaka Pelajar

Dessler, Gary. (2005). Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia) edisi kesembilan jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Indeks. Jakarta

Emelie Shanks, (2016), Managing social work Organisational conditions and everyday work for managers in the Swedish social services, Stockholm University, Printed in Sweden by Holmbergs, Malmö

Enung Huripah, Ramli, Endah Dwi Winarni, (2021), Strategi Kapabilitas Relasional Bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Di Kabupatrn Garut: Penguatan Aspek Kolaborasi Dan Kemitraan Lembaga, Jurnal Peksos Unpad

Farchan, Fauzi, (2018), Strategi MSDM Sebuah Cara Menciptakan Kinerja Organisasi Dalam Mencapai Keunggulan Bersaing, jurnal.faiunwir

F. Ellen Netting, Peter M. Kettner, Steven L. McMurtry, M. Lory Thomas, Social Martin, Laawrent, L, (2009), Measuring Performance of Human Service Program, (SAGE), Human Services

Guides, International Kindly White

Hasenfeld, Yaheskel. 1983. Human Service Organizations. Prentice-Hall. Jones, Jones, A. & May. J. Working in Human Service Organizations.

Kettner M. Peter (2013), Excellence HumanService Organization, Person, 2nd edition Work Macro Practice, (2017) Pearson, Boston, USA

Lendriyono, Fauzik, (2017), Strategi Penguatan Organisasi Pelayanan Sosial Berbasis Keagamaan, jurnal Sospol, Unpad

Gothard, S., & Austin, M. J. (2013). Leadership Succession Planning: Implications for Nonprofit Human Service Organizations. Administration in Social Work, 37(3), 272–285. https://doi.org/10.1080/03643107.2012.684741

Hughes, M., & Wearing, M. (2007). Organizations and Management in Social Work. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Sage Publications.

Skidmore, Rex Austin. (1995). Social Work Administration: Dynamic Management and Human Relationship. United States: Allyn and Bacon.

Watson, L. D., & Hoefer, R. A. (2014). Developing Nonprofit and Human Service Leaders: Essential Knowledge and skills (K. Graves (ed.)). SAGE Publications, Inc.

Werner, J.M. & DeSimone, R.L. (2011), Human Resource Development. Sixth Edition. South Western. Nelson Education Ltd

Downloads

Published

2023-01-31