PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA ORGANISASI PELAYANAN SOSIAL UNTUK PENYANDANG DISABILITAS (STUDI KASUS PADA YAYASAN BIRUKU INDONESIA)
DOI:
https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i1.5814Keywords:
Sumber daya manusia, Pendidikan dan Pelatihan Organisasi Layanan ManusiaAbstract
Pengembangan sumber daya manusia sangat diperlukan karena memiliki aspek yang penting dalam meningkatkan produktivitas kerja dan membantu percepatan pencapaian tujuan organisasi, (Kettner, 2013).Seperti halnya organisasi lain pada umumnya, organisasi pelayanan sosial juga memerlukan fungsi manajemen, yaitu : planning, organizing, Human Resaurce Development (HRD), fundraising dan system information, dan aspek sumber daya manusia berada dalam fungsi manajemen HRD atau pengembangan sumber daya manusia . Secara lebih spesifik, pada pengembangan sumber daya manusia terdapat 7 aspek yang perlu dipahami, yaitu mengenai seleksi, perekrutan, orientasi, pelatihan, pengembangan, penilaian kinerja, dan pemutusan hubungan kerja, (Kettner, 2013). Untuk melaksanakan kompetensi pengembangan sumber daya manusia, dalam praktiknya akan melalui tahapan-tahapan tersebut yang akan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan (Action Plan) dan juga disesuaikan dengan kebutuhan organisasi (Setiani, 2013), salah satu kegiatan pengembangan sumber daya manusia dapat dilakukan dengan program pendidikan dan pelatihan. Pada organisasi layanan manusia yang memberikan pelayanan sosial bagi penyandang disabilitas pendidikan dan pelatihan harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada akan keahlian dan kopetensi khusus yang harus diperhatikan bagi pemberian layanan, (Setiani, 2013). Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengembangan sumber daya manusia melalui program pendidikan dan pelatihan pada organisasi pelayanan sosial bagi penyandang disabilitas dengan metode penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif yaitu untuk mendapatkan gambaran mengenai pentingnya pengembangan sumber daya manusia pada organisasi pelayanan sosial bagi penyandang disabilitas.Downloads
References
Adiansah, W., Nulhaqim, S. A., Irfan M., Fedryansyah, M. (2020). Analisis Faktor Eksternal dan Faktor Internal Organisasi Pelayanan Pelayanan Sosial Yayasan Belajar Anak Banten, jurnal Peksos Unpad
Andrew and John May. (1992). Working in Human Services Organisations. A critical Introduction. Longman. Australia Page 84
Austin, M. J., Regan, K., Samples, M. W., Schwartz, S. L., & Carnochan, S. (2011). Building Managerial and Organizational Capacity in Nonprofit Human Service Organizations Through a Leadership Development Program. Administration in Social Work, 35(3), 258–281. https://doi.org/10.1080/03643107.2011.575339
Austin, M. David. (2002). Human Service Management: organizational leadership, Colombia University Press.
Borodkina, O., & Torronen, Maritta and Samoylova, V. (2013). Empowerment as a trend of social work in Russia. Empowering social work: Research and practice, 22. In Empowering Social Work : Research & Practice (Issue January). Research and practice. https://doi.org/22
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran,. Pustaka Pelajar
Dessler, Gary. (2005). Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia) edisi kesembilan jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Indeks. Jakarta
Emelie Shanks, (2016), Managing social work Organisational conditions and everyday work for managers in the Swedish social services, Stockholm University, Printed in Sweden by Holmbergs, Malmö
Enung Huripah, Ramli, Endah Dwi Winarni, (2021), Strategi Kapabilitas Relasional Bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Di Kabupatrn Garut: Penguatan Aspek Kolaborasi Dan Kemitraan Lembaga, Jurnal Peksos Unpad
Farchan, Fauzi, (2018), Strategi MSDM Sebuah Cara Menciptakan Kinerja Organisasi Dalam Mencapai Keunggulan Bersaing, jurnal.faiunwir
F. Ellen Netting, Peter M. Kettner, Steven L. McMurtry, M. Lory Thomas, Social Martin, Laawrent, L, (2009), Measuring Performance of Human Service Program, (SAGE), Human Services
Guides, International Kindly White
Hasenfeld, Yaheskel. 1983. Human Service Organizations. Prentice-Hall. Jones, Jones, A. & May. J. Working in Human Service Organizations.
Kettner M. Peter (2013), Excellence HumanService Organization, Person, 2nd edition Work Macro Practice, (2017) Pearson, Boston, USA
Lendriyono, Fauzik, (2017), Strategi Penguatan Organisasi Pelayanan Sosial Berbasis Keagamaan, jurnal Sospol, Unpad
Gothard, S., & Austin, M. J. (2013). Leadership Succession Planning: Implications for Nonprofit Human Service Organizations. Administration in Social Work, 37(3), 272–285. https://doi.org/10.1080/03643107.2012.684741
Hughes, M., & Wearing, M. (2007). Organizations and Management in Social Work. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Sage Publications.
Skidmore, Rex Austin. (1995). Social Work Administration: Dynamic Management and Human Relationship. United States: Allyn and Bacon.
Watson, L. D., & Hoefer, R. A. (2014). Developing Nonprofit and Human Service Leaders: Essential Knowledge and skills (K. Graves (ed.)). SAGE Publications, Inc.
Werner, J.M. & DeSimone, R.L. (2011), Human Resource Development. Sixth Edition. South Western. Nelson Education Ltd