TOOLS OF KNOWLEDGE SHARING DALAM KEBIJAKAN TEKNOLOGI E-LEARNING: STUDI KASUS TINGKAT PENERIMAAN TEKNOLOGI PADA POLTEK STIA LAN BANDUNG

-

Authors

  • Ibrahim Hasan STMIK LIKMI
  • Budi Permana STMIK LIKMI, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v13i2.5426

Keywords:

Kata kunci: Technology Acceptance Model, SmartPLS, E-learning.

Abstract

Penelitian ini mengambil topik tentang knowledge sharing tools pada kebijakan teknologi E-learning pada Politeknik STIA LAN Bandung. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini bahwa selama ini di Poltek STIA LAN Bandung belum pernah dilakukan pengukuran sejauh mana tingkat penerimaan teknologi bagi para pengguna (users) e-learning yaitu baik para mahasiswa maupun para dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan variable yang terdapat dalam TAM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan cara menguji hipotesis yang diturunkan dari variabel-variabel yang diambil dari model Technology Acceptance Model (TAM), yang meliputi empat variabel utama yaitu, variabel perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward using dan actual usage. Adapun metode untuk menguji masing-masing hubungan antar variabel penelitian ini menggunakan uji statistik Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat aplikasi SmartPLS. Penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi sebagai alat pengumpul data primer. Sedangkan unit analisis yang diteliti adalah penggunan aplikasi MS Teams dalam hal ini adalah dosen dan mahasiswa Poltek STIA LAN Bandung yang seluruhnya berjumlah 220 orang. Adapun hasil keputusan hipotesis penelitian adalah (H1) persepsi kemudahan (perceived ease of use) penggunaan e-learning berpengaruh terhadap sikap menggunakan (attitude toward using). (H2) persepsi kegunaan (perceived usefulness) e-learning berpengaruh positif terhadap sikap menggunakan (attitude toward using). (H3) persepsi kemudahan (perceived ease of use) berpengaruh negatif terhadap penggunaan sesungguhnya e-learning (actual use). (H4) persepsi kegunaan (perceived usefulness) e-learning berpengaruh positif terhadap penggunaan sesungguhnya (actual use). (H5) sikap menggunakan (attitude toward using) berpengaruh positif terhadap penggunaan sesungguhnya (actual use).  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chin, W. W., Marcelin, B. L., & Newsted, P. R. (2003). A partial least squares latent variable modeling approach for measuring interaction effects: Results from a Monte Carlo simulation study and an electronic-mail emotion/adoption study. Information Systems Research, 14(2), 189–217. https://doi.org/10.1287/isre.14.2.189.16018

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). SAGE Publications. https://doi.org/10.1080/1743727x.2015.1005806

Hong, J. C., Hwang, M. Y., Wang, C. K., Hsu, T. F., Chen, Y. J., & Chan, C. H. (2011). Effect of Self-Worth and Parenting Style on The Planned Behavior in An Online Moral Game. TOJET: Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(2), 82–90. http://www.tojet.net/articles/v10i2/1029.pdf

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2020). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8

Rigopoulos, G. & Askounis, D., 2007, ATAM Frameworkto Evaluate User’s Perception toward Online Electronic Payments, Journal of Internet Banking and Commerce, 12(3), pp.1–5.

Yahyapour, Nima, 2008, Determining Factors Affecting Intention to Adopt Banking Recommender System, Case of Iran, Thesis, Lulea University of Technology Division of Industrial Marketing and E-commerce, Sweden.

Gefen, D. Karahanna. E. & Straub, D.W., 2003, Trust and TAM in online shopping: An integrated model, MIS Quarterly, Volume. 27, pp. 51–90.

Shun, Wang, Yi, et.al., 2003, Determinantsof User Acceptance of Internet Banking: An Empirical Study, International Journal of Service Industry Management, Volume. 14, pp. 501-519.

Dalkir, Kimiz. 2005. Knowledge Management in Theory and Practice, Burlington, MA, Elsevier Butterworth-Heinemann

Davis, F., 1993, User Acceptance of Information Technology: Systems Characteristics, User Perceptionand behavioral Impacts. International Journal of Machine Studies 38, pp. 475-487.

Davis, F.D. 1986. A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New-end User Information Systems: Theory and Result. Unpublished Ph. D. Dissertation, Sloan: Sloan School of Management, Massachusetss Institur of Technology (MIT).

Davis, F.D., 1989, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. Volume 13 No. 3, pp. 319-340.

Downloads

Published

2022-06-30