TOOLS OF KNOWLEDGE SHARING DALAM KEBIJAKAN TEKNOLOGI E-LEARNING: STUDI KASUS TINGKAT PENERIMAAN TEKNOLOGI PADA POLTEK STIA LAN BANDUNG

-

  • Ibrahim Hasan STMIK LIKMI
  • Budi Permana STMIK LIKMI, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengambil topik tentang knowledge sharing tools pada kebijakan teknologi E-learning pada Politeknik STIA LAN Bandung. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini bahwa selama ini di Poltek STIA LAN Bandung belum pernah dilakukan pengukuran sejauh mana tingkat penerimaan teknologi bagi para pengguna (users) e-learning yaitu baik para mahasiswa maupun para dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan variable yang terdapat dalam TAM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan cara menguji hipotesis yang diturunkan dari variabel-variabel yang diambil dari model Technology Acceptance Model (TAM), yang meliputi empat variabel utama yaitu, variabel perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward using dan actual usage. Adapun metode untuk menguji masing-masing hubungan antar variabel penelitian ini menggunakan uji statistik Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat aplikasi SmartPLS. Penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi sebagai alat pengumpul data primer. Sedangkan unit analisis yang diteliti adalah penggunan aplikasi MS Teams dalam hal ini adalah dosen dan mahasiswa Poltek STIA LAN Bandung yang seluruhnya berjumlah 220 orang. Adapun hasil keputusan hipotesis penelitian adalah (H1) persepsi kemudahan (perceived ease of use) penggunaan e-learning berpengaruh terhadap sikap menggunakan (attitude toward using). (H2) persepsi kegunaan (perceived usefulness) e-learning berpengaruh positif terhadap sikap menggunakan (attitude toward using). (H3) persepsi kemudahan (perceived ease of use) berpengaruh negatif terhadap penggunaan sesungguhnya e-learning (actual use). (H4) persepsi kegunaan (perceived usefulness) e-learning berpengaruh positif terhadap penggunaan sesungguhnya (actual use). (H5) sikap menggunakan (attitude toward using) berpengaruh positif terhadap penggunaan sesungguhnya (actual use).
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2022
How to Cite
HASAN, Ibrahim; PERMANA, Budi. TOOLS OF KNOWLEDGE SHARING DALAM KEBIJAKAN TEKNOLOGI E-LEARNING: STUDI KASUS TINGKAT PENERIMAAN TEKNOLOGI PADA POLTEK STIA LAN BANDUNG. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 154 - 170, june 2022. ISSN 1829-5762. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/view/5426>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/kebijakan.v13i2.5426.