KEPEMIMPINAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA ORGANISASI LAYANAN MANUSIA
DOI:
https://doi.org/10.23969/kebijakan.v13i2.5310Keywords:
Kompetensi Kepemimpinan, Organisasi Layanan Manusia, Pekerjaan Sosial.Abstract
Kepemimpinan memiliki peranan signifikan dalam menjalankan dan mengatur organisasi layanan manusia, di mana kegagalan maupun keberhasilan organisasi ditentukan oleh sosok pemimpin. Untuk menjadi seorang pemimpin tidak cukup hanya mengandalkan bakat maupun pengalaman, melainkan seorang pemimpin harus memiliki kompetensi yang dapat membantu mendorong keberhasilan mencapai tujuan organisasi dalam memberikan pelayanan sosial bagi penerima manfaat serta mengatur dan mempengaruhi anggota yang tergabung pada organisasi layanan manusia. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi kepemimpinan menurut persepktif social work administration pada organisasi layanan manusia. Kajian ini berdasarkan pada studi literatur atas berbagai sumber referensi yang kredibel dan mutakhir. Artikel ini menggarisbawahi pentingnya kompetensi yang perlu dimiliki oleh seorang administrator pekerjaan sosial (pemimpin), adapun kompetensi tersebut meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional, ketiga aspek ini menjadi hal yang mutlak dimiliki oleh seorang pemimpin. Lebih jauh Skidmore, (1994) memaparkan terdapat atribut kompetensi yang berguna lainnya seperti kegigihan, manajemen waktu, kompromi, a soft touch, dan kreativitas, serta dengan adanya kompetensi kepemimpinan mampu membantu pemimpin dalam menghadapi tantangan masa depan. Selain itu, kompetensi kepemimpinan dapat digunakan sebagai penilaian mandiri bagi pemimpin dalam praktik pekerjaan sosial untuk meningkatkan meningkatkan kinerja organisasi layanan manusia secara efektif dan efisien.Downloads
References
Austin, M. J., Regan, K., Samples, M. W., Schwartz, S. L., & Carnochan, S. (2011). Building Managerial and Organizational Capacity in Nonprofit Human Service Organizations Through a Leadership Development Program. Administration in Social Work, 35(3), 258–281. https://doi.org/10.1080/03643107.2011.575339
Furman, R., Gibelman, M., & Winnet, R. (2021). Navigating Human Services Organizations (Essential Information for Thriving and Surviving in Agencies) (Fourth Edi). Oxford University Press.
Gunastri, N. M. (2012). Dinamika dan Peran Kepemimpinan Dalam Pengembangan Organisasi. Forum Manajemen, 10(2), 69–75.
Gunawan, P. V., & Nulhaqim, S. A. (2021). Peran Pemimpin Dalam Organisasi Pelayanan Sosial Uptd Pesanggrahan Pmks Majapahit Kabupaten Mojokerto. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 8(1), 33–44. https://doi.org/10.37606/publik.v8i1.142
Haley-Lock, A., & Kruzich, J. (2008). Serving workers in the human services: The roles of organizational ownership, chain affiliation, and professional leadership in frontline job benefits. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 37(3), 443–467. https://doi.org/10.1177/0899764007310421
Hayati, K., & Sari, A. (2007). Keterampilan Kepemimpinan Pengusaha Industri Skala Kecil (Studi Di Bandar Lampung). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 22(2), 197–214.
Hess, J. D., & Bacigalupo, A. C. (2013). Applying emotional intelligence skills to leadership and decision making in non-profit organizations. Administrative Sciences, 3(4), 202–220. https://doi.org/10.3390/admsci3040202
Hopkins, K., Meyer, M., Shera, W., & Peters, S. C. (2014). Leadership Challenges Facing Nonprofit Human Service Organizations in a Post-Recession Era. Human Service Organizations Management, Leadership and Governance, 38(5), 419–422. https://doi.org/10.1080/23303131.2014.977208
Hughes, M., & Wearing, M. (2007). Organisations and Management in Social Work. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Sage Publications.
Ismail, Effendi, S., & Sa’id, M. (2014). Pentingnya Komitmen Pemimpin dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di UPT Puskesmas Pasongsongan. Public Corner Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 09(2), 34–39.
Kubátová, J., & Kročil, O. (2022). A conscious leadership competency framework for leadership training. Industrial and Commercial Training, 54(2), 279–292. https://doi.org/10.1108/ICT-08-2021-0062
Letchfield, T. H., Leonard, K., Begum, N., & Chick, F. N. (2008). Leadership and Management in Social Care. Sage Publications.
The Network for Social Work. (2018). Human Services Management Competencies. United States of America.
Maryatun, M., & Nulhaqim, S. A. (2021). Peran Pimpinan Panti Pelayanan Sosial Pengemis Gelandangan Orang Terlantar (Pgot) Mardi Utomo Dalam Upaya Rehabilitasi Dan Pemberdayaan Untuk Kemandirian Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (Ppks). Share : Social Work Journal, 10(2), 143. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.30639
Mumford, M. D., Todd, E. M., Higgs, C., & McIntosh, T. (2017). Cognitive skills and leadership performance: The nine critical skills. Leadership Quarterly, 28(1), 24–39. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2016.10.012
Norhasanah. (2021). Kepemimpinan dan Keterampilan Kepemimpinan dalam Organisasi Pada Pendidikan. Seminar Nasional Magister Manajemen Pendidikan UNISKA MAB, 1(1), 118–124.
Nunez, L. N., Nunez, W. N., Acosta, A. R., Parejo, I. B., & Hernandez Palma, H. G. (2018). Management skills and leadership styles: a reflection with a global focus. Contemporary Engineering Sciences, 11(54), 2661–2668. https://doi.org/10.12988/ces.2018.86264
Pramudyo, A. (2013). Implementasi Manajemen Kepemimpinan dalam Pencapaian Tujuan Organisasi. JBMA, 1(2), 49–61.
Skidmore, Rex Austin. (1995). Social Work Administration: Dynamic Management and Human Relationships. United States: Allyn and Bacon.
Theus, I. C., Simon, M., & Diala, I. (2019). Strategies for Succession Planning and Leadership Training Development for Nonprofit Organizations. ProQuest Dissertations and Theses, 175. https://search.proquest.com/docview/2187690121?accountid=8015
Watson, L. D., & Hoefer, R. A. (2014). Developing Nonprofit and Human Service Leaders: Essential knowledge and skills (K. Graves (ed.)). SAGE Publications, Inc.
Wimpfheimer, S. (2004). Leadership and Management Competencies Defined by Practicing Social Work Managers. Administration in Social Work, 28(1), 45–56. https://doi.org/10.1300/j147v28n01_04