PROSES KADERISASI PEMBENTUKAN GENERASI MILENIAL CENDEKIA YANG BERJIWA AGILE LEADERSHIP PADA ORGANISASI DI ERA 4.0

Authors

  • Khikmatul Islah Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v13i2.5276

Keywords:

generasi milenial, cendekia, agile leadership

Abstract

Generasi Milenial sebagai bagian dari kaum intelektual, kelak akan memegang tali estafet kepemimpinan bangsa. Kaum intelektual muda ini harus menjadi salah satu konsen bangsa saat ini di era 4.0 dalam upaya mewujudkan civil society. Bangsa harus bergerak membangun generasi penerus bangsa dalam proses kaderisasi. Hal ini dapat dilakukan oleh berbagai pihak, baik institusi pendidikan, organisasi, komunitas, dan lain sebagainya yang peduli akan lahirnya Millennial Leader yang cendekia dalam segala aspek kehidupan agar ke depan bangsa ini memiliki calon generasi penerus yang berjiwa Agile Leadership. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yakni dengan menganalisis proses kaderisasi generasi milenial cendekia yang berjiwa agile leadership di era 4.0. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa perlu adanya pedoman kaderisasi generasi milenial cendekia yang berjiwa agile leadership dan perlu adanya program khusus untuk kaderisasi yang bisa dilakukan oleh semua pihak, baik pemerintah, swasta dan masyarakat, sehingga proses kaderisasi akan berjalan seimbang sesuai dengan harapan terbentuknya Millennial Leader yang berjiwa Agile Leadership di era 4.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, S. (2020). Melalui Pandemi Dengan Organisasi Dan Kebijakan Publik Yang Agile. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 23(1), 2018–2020. https://doi.org/10.31845/jwk.v23i1.678

Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL INDONESIA JURNAL.

Hidayat, Muhammad Rizqi; Ning Safitri, T. (n.d.). Optimalisasi Peran Kaum Millenial di Masyarakat Melalui Pelatihan Kepemimpinan Desa Sidoarum, Godean, D.I Yogyakarta. Cakrawala Pendidikan.

Nawawi, H. (1993). Kepemimpinan yang Efektif. Gahaj Mada University Press.

Negara, L. A. (2020). Ciptakan Pimpinan Yang Lincah (Agile Leader), LAN Lepas Peserta PKN Tingkat II. Lembaga Administrasi Negara. https://lan.go.id/?p=3107

Pandu Dewanata, C. S. (2008). Rekonstruksi Pemuda. Kemenpora.

Perspectives, D. I. (2019). Generasi Milenial dalam Bagi Sumber Daya Manusia Indonesia atau Ancaman. Generasi Milenial Dalam Industri 4.0: Berkah Bagi Sumber Daya Manusia Indonesia Atau Ancaman, edisi pertama September, 25–36.

Purwanto, E. A. (2019). Kebijakan Publik Yang Agile Dan Inovatif Dalam Memenangkan Persaingan Di Era VUCA (Volatile, Uncertain, Complex and Ambiguous). Gajah Mada University.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.

T. Darmansah, M. R. S. (2020). Fungsi Kaderisasi Dalam Meningkatan Kualitas Kepemimpinan. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(3), 20–28. https://doi.org/10.51178/jetl.v2i3.6

Veithzal, R. D. M. (2011). Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. PT. Raja Gravindo Persada.

Downloads

Published

2022-06-30