MANAJEMEN PROSES PENGELOLAAN SAMPAH OLEH PERUSAHAAN DAERAH KEBERSIHAN KOTA BANDUNG: STUDI KASUS DI PASAR KORDON
STUDI KASUS DI PASAR KORDON
DOI:
https://doi.org/10.23969/kebijakan.v13i2.5162Keywords:
efektivitas, efisiensi, adaptasi, dan manfaat bagi pengguna layananAbstract
Tumpukan sampah di Pasar Kordon mengindikasikan bahwa proses pelayanan pengelolaan sampah belum berjalan sesuai dengan ekspektasi pengguna layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen proses dalam pengelolaan sampah oleh Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung (PD Kebersihan Kota Bandung). Secara spesifik, penelitian ini akan mengambil studi kasus di Pasar Kordon Kota Bandung. Kerangka teori yang digunakan adalah manajemen proses pada organisasi publik yang bertumpu pada kajian optimalisasi proses bisnis organisasi. Dimensi optimalisasi manajemen proses tersebut meliputi efektivitas, efisiensi, adaptasi, dan manfaat bagi pengguna layanan. Sedangkan metode penelitiannya adalah menggunakan tinjauan literatur sistematis yang bertujuan untuk mensintesiskan penelitian-penelitian sebelumnya guna menghasilkan pengetahuan yang baru. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui penelusuran secara elektronis terhadap publikasi-publikasi ilmiah dan dokumen-dokumen lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif melalui koding terbuka, lalu diramgkai menjadi tema-tema, dan disintesiskan secara induktif untuk menghasilkan kesimpulan yang dapat menjawab pertanyaan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen proses pengelolaan sampah oleh PD Kebersihan Kota Bandung di Pasar Kordon belum sepenuhnya berjalan secara optimal sebab belum tersedianya sarana dan prasarana pengelolaan sampah yang memadai dan andal terutama saat terjadi hujan, penyuluhan pengelolaan sampah yang tidak mampu merubah perilaku pedagang dalam membuang sampah, jam operasional pengangkutan sampah yang dilaksanakan saat jam sibuk sehingga menyebabkan kemacetan, tidak efisiennya jumlah petugas dan durasi waktu pengangkatan sampah, serta masih adanya bau busuk yang menyengat saat pengangkutan sampah.Downloads
References
Champy, J., & Hammer, M. (1993). Reengineering the corporation. New York, NY: Harper Business.
Fadlillah, A. W. (2021). Efektivitas pengelolaan sampah di Kota Bandung : Studi Pelaksanaan Perda Kota Bandung Nomor 9 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Fitrina, D., Batti, W., & Lestari, W. Y. (2013, Mei 14). Home: Citizen6. Diambil kembali dari Sampah Membludak di Pasar Kordon, Bandung: https://www.liputan6.com/citizen6/read/585501/sampah-membludak-di-pasar-kordon-bandung
Kusuma, R. A., & Burhanudin, H. (2019). Evaluasi Pengelolaan Sampah di Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung. Bandung: Universitas Islam Bandung.
Pall, G. A. (1987). Quality process management. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Porter, M. E. (2008). Competitive advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. New York, NY: Simon and Schuster.
Purnamasari, E. (2019). Implementasi kebijakan pengelolaan sampah pada perusahaan daerah kebersihan Kota Bandung. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Schedler, K., & Helmuth, U. (2015). Process management in public sector. Dalam T. Bovaird, & E. Loeffler, Public Management and Governance 3eds (hal. 323-344). New York, NY: Routledge.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339.