PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL UNIVERSITAS RIAU PEKANBARU

  • Nyoto Nyoto Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia Pekanbaru
  • Erpan Rajab Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi dan komitmen organisasi terhadap kepuasan pegawai. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi dan komitmen terhadap kinerja pegawai. Pengaruh kepuasan terhadap kinerja pegawai. Pengaruh kepemimpinan, motivasi dan komitmen organisasi terhadap Kinerja melalui kepuasan kerja pada Universitas Riau Pekanbaru. Populasi yang penulis jadikan objek penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil pada Universitas Riau tahun 2015 sebanyak 170 Orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 170 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, sedanglan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analisis, dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan kepemimpinan, Motivasi dan Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepemimpinan, Motivasi, Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinera pegawai. Kepuasan kerja pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja melalui kepuasan kerja di Universitas Riau. Motivasi berpengaruh terhadap kinerja melalui kepuasan kerja di Universitas Riau. Komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja melalui kepuasan kerja di Universitas Riau.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 31, 2022
How to Cite
NYOTO, Nyoto; RAJAB, Erpan. PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL UNIVERSITAS RIAU PEKANBARU. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 15 - 27, jan. 2022. ISSN 1829-5762. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/view/4861>. Date accessed: 16 may 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/kebijakan.v13i1.4861.