PENGUATAN ORGANISASI DALAM PENGEMBANGAN KAPASITAS DI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA BATAM

Authors

  • Karol Teovani Lodan Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v13i1.4182

Keywords:

Penguatan Organisasi, Pengembangan Kapasitas, Aspek Manajerial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penguatan organisasi melalui penerapan aspek manajerial dalam kerangka pengembangan kapasitas (Capacity Building) di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan model deskriptif. Fokus penelitian adalah penguatan organisasi yang ditinjau dari fokus aktivitas pada penerapan aspek manajerial dalam kerangka pengembangan kapasitas yang terdiri dari : perencanaan, mengerakkan, mengendalikan dan mengevaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aspek manajerial telah berjalan dengan baik yang tercermin melalui proses perencanaan yakni adanya rencana strategis dan rencana kerja yang dalam penyusunannya melibatkan unit kerja. Pengorganisasian yang telah diatur dan dijalankan sesuai dengan Peraturan Walikota Nomor 58 Tahun 2016 Tentang Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Proses mengerakkan atau mengarahkan terlihat pada kegiatan rapat rutin setiap Hari Senin, menunjukkan peran kepala dan sekretaris dinas dalam memberikan arahan dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh unit kerja dalam pelaksanaan tugas. Pada proses pengendalian dilakukan melalui dua cara yakni secara internal dan eksternal. Pengendalian internal dilakukan melalui mekanisme rapat rutin setiap hari Senin dan pemantauan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan melalui Sistem Pengadaan secara Elektronik (SPSE). Sedangkan pengendalian eksternal dilakukana melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) dilakukan dengan Dua Komisi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam yakni komisi II (bidang ekonomi, keuangan dan industri) dan komisi IV (bidang kesejahteraan rakyat dan sumber daya manusia).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, Andi Samsu dan Prawitno, Ashar. (2015). Pengembangan Kapasitas Organisasi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bone. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 8 (2), 93-103.

Grindle, M.S., 1997, Getting Good Government: Capacity Building in the Public Sectors of Developing Countries, Boston, MA: Harvard Institute for International Development

Hapsari, Adhela Mahda dan Djumiarti, Titik. (2016). Pengembangan Kapasitas (capacity building) Kelembagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara. Journal of Public Policy and Management Review, 5 (2) 1004-1015.

Ilham, Safutra. (2017, Mei 11). Pengembangan Wisata di Batam itu-itu saja. Jawa Pos. diakses dari https://www.jawapos.com

Muhammad, I. A. (2018, Februari 2). Mengintip Dampak Ekonomi yang Dirasakan Banyuwangi dari Pariwisata. Travel Kompas. Diakses dari https://travel.kompas.com,

Ratnasari, Jenivia, D., Makmur, Mochamad., & Ribawanto,Heru. (2013). Pengembangan Kapasitas (Capacity Building) Kelembagaan pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jombang. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1 (3), 103-110.

Syifa, D. (2017). Analisis Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 6 (2), 215-225.

Terry, G.R. (1977). Principle of Management. USA: Richards D. Irwins.

Yusuf, Ningrum, F., Sintaningrum & Utami, Sawitri, B. (2018). Kapasitas Organisasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah di Indonesia. Responsive, 1 (1), 1-5.

Downloads

Published

2022-01-31