BUDAYA 5S SEBAGAI WUJUD REFORMASI BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI SMK SMAK PADANG

Authors

  • Ismaya Indri Astuti SMK SMAK Padang (BPSDMI - Kementerian Perindustrian)

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v12i2.4044

Keywords:

Reformasi Birokrasi, Budaya 5S, Pelayanan Publik, Bureautic Reform, 5S Culture, Public Service

Abstract

ABSTRAK Visi reformasi birokrasi akan menjadi nyata jika tata kelola birokrasi yang baik dimulai dari budaya melayani tanpa pamrih. Aparatur layanan publik sudah saatnya berbenah untuk memberikan layanan kepada masyarakat dengan sepenuh hati yang tercermin dari kesungguhan aparatur dalam melayani. Saat ini Pemerintah pemerintah sedang gencar melakukan reformasi birokrasi baik di instansi pusat maupun di daerah. Sejalan dengan Road Map Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, SMK SMAK Padang secara konsisten memaksimalkan pelayanan dengan mendahulukan kepentingan masyarakat. Untuk mewujudkannya harus ada perubahan karakter, salah satu upaya SMK SMAK Padang dalam memaksimalkan pelayanan publik ialah dengan membudayakan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Budaya 5S yang dilakukan di SMK SMAK Padang tidak muncul begitu saja, tetapi diupayakan melalui suatu proses yang  terkendali  dengan  melibatkan  semua  sumber  daya  manusia  dalam  seperangkat sistem. SMK SMAK Padang menjadi tempat untuk menyoalisasikan nilai-nilai budaya yang tidak hanya terbatas hanya nilai-nilai keilmuan saja, namun semua nilai-nilai kehidupan yang memungkinkan bisa mewujudkan manusia yang berbudi dan berbudaya. Sebagai salah satu instansi dengan predikat Zona Integritas WBK WBBM lekat dengan pelayanan yang optimal dan maksimal, maka keberhasilan dari suatu pelayanan dapat diukur melalui kepuasan yang dirasakan oleh masyarakat. Kata kunci: Reformasi Birokrasi, Budaya 5s, Pelayanan Publik   Abstract The vision of Bureautic Reform will become real if the Bureautic Good Governance starts from the habit of service itself. The servants of public service should improve themselves to provide services for the community wholeheartedly which is reflected in the seriousness of the servants in a good serving. Nowdays, the government is intensively carrying out bureaucratic reforms both in central and regional agencies. In line with the Road Map of the Ministry of Industry of the Republic of Indonesia, Padang Chemical Analyst Vocational School consistently maximizes services by prioritizing the interests of the community. To make it happen there must be a change in character, one of the effort of Padang Chemical Analyst Vocational School in maximizing public services through by 5S Culture (Smile, Regrads, Greetings, Polite, Courteous). The 5S  Culture that was carried out at Padang Chemical Analyst Vocational School did not appear itself, but is pursued through a controlled process involving by all human resources in this system. Padang Chemical Analyst Vocational School is a place to promote cultural values that are not only limited to scientific values but all possible values of life that can be becoming righteous human and cultured people. As one of the government agencies with the title of the Zona Integritas WBK WBBM is closely related to optimal and maximum service, the success of service can be measured through the satisfaction felt by the community. Keywords: Bureautic Reform,  5S Culture, Public Service

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hariandja, Denny, B.C, (1999), Birokrasi Nan Pongah, Belajar dari Kegagalan Orde Baru. Jakarta: Kanisius.

Jawapos. (2021). Gubernur Sumbar Dukung Pengembangan Pupuk Darah Sapi SMAK Padang. Diunduh di https://padek.jawapos.com/gubernur-sumbar-dukung-pengembangan-pupuk-darah-sapi-smak-padang/

Kemenpan RI. (2020). Penghargaan bagi Unit Kerja Peraih WBK WBBM. Diunduh dari https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/menteri-tjahjo-akan-berikan-penghargaan-bagi-unit-kerja-peraih-wbk-wbbm

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kominfo RI. (2016). Joko Widodo, Reformasi Birokrasi, Pelayanan Terbaik Untuk Republik. Diunduh dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/8228/reformasi-birokrasi-pelayanan-terbaik-untuk-republik/0/kerja_nyata

Lubis, Mochtar dan Scoot, J. C. (1987). Mafia dan Korupsi Birokrasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Moenir, H.A.S. (2001). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri PANRB Nomor 30 Tahun 2014 tentang Inovasi Pelayanan Publik

Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi

Radio Republik Indonesia. (2021). Pupuk Organik Cari SMK SMAK Padang Masuk Nominasi Inovasi Kemenperin. Diunduh di https://rri.co.id/padang/1228-pendidikan/997113/pupuk-organik-cair-smk-smak-padang-masuk-nominasi-inovasi-kemenperinri?utm_source=terbaru_widget&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Rohman, Arif. (2012). Kebijakan Pendidikan: Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sedarmayanti. (2009). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan : Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik. Bandung: Refika Aditama.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

Downloads

Published

2021-07-01