ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KESEHATAN TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DAN INAP ( STUDI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH )

  • Rustandi Rustandi STIA YPPT Priatim Tasikmalaya

Abstract

Masalah pelayanan pasien rawat jalan dan  inap merupakan masalah yang sangat urgen karena dalam penanganan dan pengelolaannya memerlukan keterampilan kecekatan bahkan biaya peralatan medis yang tinggi. Karena itu pelayanan pasien rawat jalan dan inap di Rumah Sakit Umum Daerah yang lebih efektif merupakan suatu keharusan, Berdasarkan data dari Rumah Sakit Umum Daerah, ternyata pelayanan pasien rawat jalan dan inap masih belum efektif, ini berarti pelayanan pasien rawat jalan dan inap di Rumah Sakit Umum Daerah  belum sepenuhnya efektif.
Studi ini berujuan untuk mengkaji bagaimana implementasi kebijakan kesehatan dan sejauh mana pengaruhnya terhadap efektifitas organisasi Rumah Sakit Umum Daerah dalam meningkatkan pelayanan pasien rawat jalan dan inap. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta mengacu pada teori implementasi kebijakan yang mempunyai empat komponen yaitu komunikasi, sumber daya, diposisi atau sikap para pelaksana dan struktur birokrasi. Keempat komponen dari teori implementasi kebijakan menjadi pilihan dalam mendampingi penelitian ini, srta sekaligus  merupakan sub variabel bebas dari studi ini.
Dalam penelitian ini ditentukan populasi dan sampel penelitian ini adalah pegawai pada Rumah Sakit Umum Daerah.. Pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan ukuran sampel 122. Data primer diperoleh dengan menggunakan angket yang dirancang sesuai dengan keperluan penelitian dan observasi. Data sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kesehatan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas organisasi umah Sakit Umum Daerah dalam meningkatkan pelayanan pasien rawat jalan dan inap. Di lain pihak faktor disposisi atau sikap para pelaksana memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap efektivitas organisasi Rumah Sakit Umum Daehrah dalam meningkatkan pelayanan pasien rawat jalan dan inap.
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 18, 2021
How to Cite
RUSTANDI, Rustandi. ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KESEHATAN TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DAN INAP ( STUDI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ). Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 72 - 82, jan. 2021. ISSN 1829-5762. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/view/3483>. Date accessed: 14 apr. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.23969/kebijakan.v12i1.3483.