MANAJEMEN PENINGKATAN KINERJA GURU BERBASIS MBS

Authors

  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v12i1.3472

Keywords:

manajemen, peningkatan kinerja, kinerja guru

Abstract

Kinerja seorang guru pada dasarnya dapat meningkat dan menurun serta sangat bergantung pada proses manajemen peningkatan kinerja itu sendiri. Berkenaan dengan fungsi pengendalian kinerja guru yang menjadi tanggung jawab kepala sekolah dan pengawas ini, pada faktanya masih banyak ditemukan distorsi. Fenomena tersebut sering ditemukan dalam proses pembinaan kinerja guru, khususnya di SMPN 1 Lembang, SMPN 1 Padalarang, dan SMPN 1 Cililin. Oleh karenanya, dipandang perlu adanya suatu pengkajian yang lebih mendalam berkaitan dengan manajemen peningkatan kompetensi profesional dan kinerjanya guru di ketiga SMP negeri tersebut. Paradigma penelitian yang digunakan untuk mengkaji hal ini adalah dengan menerapkan metode naturalistic inquiry serta pendekatan model Deming (PDCA), dengan subjek penelitiannya ditentukan secara purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam program peningakatan kinerja guru di ketiga sekolah tersebut pada umumnya dilakukan melalui kegiatan-kegiatan pembinaan di luar sekolah,  sementra di lingkungan sekolah lebih sering dilakukan dalam bentuk supervisi dan kegiatan sharing dalam MGMP. Dalam perencanaannya pun tidak dilakukan perumusan prosedur dan kriteria assessment dari kegiatan-kegiatan tersebut. Pengorganisasiannya diselaraskan dengan visi dan tujuan sekolah serta ditunjang oleh upaya memfasilitasi mentor. Namun, pada proses pelaksanaan dan pengawasannya, kegiatan-kegiatan peningkatan kinerja guru ini tidak dikembangkan dalam program tersendiri sebagai suatu program peningkatan kinerja guru, sehingga setiap kegiatannya terkesan insidental dan tidak berkesinambungan dari tahun ke tahun. Oleh karenanya dalam penyelenggaraan manajemen peningkatan kinerja guru di ketiga SMP Negeri tersebut perlu dikelola secermat mungkin dengan mengoptimalkan seluruh fungsi manajemen, dan senantiasa selalu mengkaji dan mempertimbangkan berbagai tuntutan kebutuhan profesional guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blanchard, P. N. and Thacker, J. W. (2013) Effective Training: Systems, Strategies, and Practices. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Bogdan, R.C. and Biklen, S.K. (1982) Qualitative Research to Education: An Introduction to Theory and Methode. Boston: Alyn & Bacon, Inc.

Bungin, B. (2007) Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Caldwell, B. J. (2005). School Based Management. International Academy of Education Brusel Belgium.

Conor, O., Iselin, E., and Sharma, D. (2006) The Relative of Element of Internal Control on Audithor’s Evaluation of Control. Pacific Accounting Review. Vol. 18 (2).

Egbo, B. (2011) Teacher Capacity Building and Effective Teaching And Learning:A Seamless Connection. Proceedings of the 2011 International Conference on Teaching, Learning and Change (c) International Association for Teaching and Learning (IATEL).

Hamalik, O. (2000) Pengembangan Sumber Daya Manusia: Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Kirk, D. J. & Jones, T. L. (2004) Effective Schools. Assessment Report. Pearson Education Inc.

Lodgaard, E. and Aasland, K. E. (2011) An Examination of The Application of Plan-Do-Check-Act Cycle in Product Development. Paper for International Conference on Engineering Design (ICED11). 15 - 18 August 2011, Technical University of Denmark.

Sianturi, R. (2018) Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Berbasis Sekolah (Studi Kualitatif pada SMPN 1 Lembang, SMPN 1 Padalarang, dan SMPN 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat). Disertasi SPS UPI (tidak diterbitkan)

Sugiyono. (2012) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wood, F. et.al. (1993) How to Organized a School-Based Staff Development Program. Alexandria-Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Downloads

Published

2021-01-18