PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEUANGAN PROGRAM ALOKASI DANA DESA (ADD) DI KECAMATAN PAMENGPEUK KABUPATEN GARUT

Authors

  • Ikeu Kania Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut
  • Aceng Ulumudin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut
  • Gugun Geusan Akbar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v11i1.2234

Keywords:

Pengelolaan, Administrasi Keuangan, Alokasi Dana Desa

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali dari masalah yang dihadapi oleh aparatur desa dalam mengelola dana desa. Adapun tujuannya adalah untuk mengevaluasi pengelolaan administrasi keuangan desa di Kecamatan Pamengpeuk Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan informan-informan kunci secara purposive seperti kepala desa, tim pelaksana ADD, anggota BPD dan tokoh masyarakat di desa yang tersebar di Wilayah Kecamatan Pamengpeuk Kabupaten Garut. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa sumbangan pemikiran bagi aparatur desa untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugasnya mengelola administrasi keuangan desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandra Kusuma Putra, R. N. (n.d.). (2013). Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Peberdayaan Masyarakat Desa. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 1, No. 6. Hal. 1203-1212.

Jauhar, S. R. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustakakarya. Soemantri, B. T. (2011). Pedoman Penyelenggaraan Pemerintah Desa. Bandung: Fokus Media.

Suparman, D. K. (2014). Implementasi Program Alokasi Dana Desa Di Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal tesis PMIS- UNTAN-PSIAN-2014.

Usman, H. (2009). Manajemen teori, praktek, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

UU Republik Indonesia No 6 Tahun 2014 tentang Desa Peraturan Mendagri Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa.

Downloads

Published

2020-02-11