PENGARUH KUALITAS PELAYANAN E-KTP TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN KRAMATMULYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/kebijakan.v11i1.2231Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan MasyarakatAbstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan E-KTP Terhadap Kepuasan Masyarakat Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan”. Pemerintah merupakan organisasi birokrasi dalam pelayanan publik, maka organisasi birokrasi pemerintahan merupakan organisasi terdepan yang berhubungan dengan pelayanan publik. Untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik, maka pemerintah harus menempatkan jumlah dan kualitas staf/aparat yang ada sesuai dan memiliki pemahaman akan pelayanan publik yang baik. Pelayanan publik di Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan khusunya pelayanan pengurusan e-KTP dirasakan masih berbelit-belit, adanya ketidaktepatan waktu pelayanan, serta keramahan aparat pemerintah dalam pemberian pelayanan dinilai masih kurang. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar adanya penelitian ini. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan e-KTP terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Kramatmulya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif survei dengan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pengaruh kualitas pelayanan e-ktp di Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan yang diukur melalui dimensi pelayanan yakni Bukti Langsung (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty) sebesar 70,6 % (tujuh puluh koma enam persen), hal ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan e-ktp mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat.Downloads
References
A. BUKU
Fathoni, A. 2006. Metodologi, Penelitian, dan Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT. Rhieka Cipta
Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Yogyakarta: Gava Media.
Hasibuan, M.2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Satibi, Iwan. Manajemen Publik Dalam Perspektif Teoritik dan Empirik. 2012. Bandung: Unpas Press
Satibi, Iwan. Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: CEPLAS (Centre For Political and Local Autonomy Studies).
Siagian, Sondang P. Filsafat Administrasi. 2014. Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Priansa, Donni Junni. 2018. Manajemen Organisasi Publik. Bandung: Pustaka Setia
B. DOKUMEN
Undang-undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Keputusan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara (Meneg PAN) Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003
LPPD Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan
C. SUMBER LAIN
ENDEH, 2017, PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN, Skripsi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Al-Ghifari, Bandung