EFEKTIVITAS AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITALISASI

(Studi Kasus: DPMPTSP Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali)

Authors

  • Ni Made Anggriyani Universitas Warmadewa Denpasar, Bali, Indonesia
  • I Gusti Agung Ayu Yuliartika Dewi Universitas Warmadewa Denpasar, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v16i01.18573

Keywords:

Efektifitas, Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila, Pelayanan Publik, Digitalisasi

Abstract

Tuntutan dan aspirasi yang menyuarakan kepada pemerintah untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan yang baik sejalan dengan meningkatnya tingkat pengetahuan masyarakat. tuntutan itu seharusnya direspon oleh pemerintah dengan melakukan perubahan-perubahan yang terarah pada terwujudnya penyelengaraan kepemerintahan yang baik. Era society 5.0, era dimana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri, Era di mana disrupsi teknologi digital semakin masif. Masyarakat menginginkan segala pengurusan dapat dilakukan dengan cepat, efektif, serta efisien. Itulah sebabnya pelaksana pelayanan publik juga dituntut untuk dapat memberikan pelayanan prima melalui pelayanan publik berbasis digitalisasi. Dalam pelayanan publik berbasis digitalisasi, nilai-nilai/etika pancasila seharusnya dilaksanakan dan menjadi landasan berbuat bagi pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik, dan masyarakat sebagai penerima manfaat pelayanan publik. Penulis tertarik melakukan penulisan mengenai efektifitas nilai-nilai aktualisasi pancasila dalam pelayanan publik berbasis digitalisasi di DPMPTSP Kabupaten Gianyar. Penulisan ini menggunakan metode penulisan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus, dengan unit analisis DPMPTSP Kabupaten Gianyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yakni observasi/pengamatan, wawancara, dan pemanfaatan data sekunder. Penulis menggunakan teknik analisis data menurut Huberman, Miles dan Sadana (2014), terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, tampilan data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penulisan ini menunjukkan pelayanan publik di DPMPTSP Kabupaten Gianyar sudah berjalan efektif dan efisien dibuktikan dengan tidak adanya keluhan dari masyarakat yang mendapatkan pelayanan publik, karena pelayanan publik sudah berbasis digitalisasi dan sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila di dalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Gusti Agung Ayu Yuliartika Dewi, Universitas Warmadewa Denpasar, Bali, Indonesia

Program Studi Ilmu Pemerintahan, FISIP, Universitas Warmadewa Denpasar

References

Achmadi, M. (2021, desember 21). https://ombudsman.go.id/artikel/r/pwkinternal--inovasi-pelayanan-publik-di-era-digital. Retrieved from https://ombudsman.go.id/artikel/r/pwkinternal--inovasi-pelayanan-publik-di-era-digital

Akhyar, d. (2022). Tata Kelola Pemerintah Yang Inovatif Di Desa Bulo Wattang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Praja, volume 10, no 2.

Annisa Aulia Putri, D. P. (2023). Efektivitas Pengelolaan Kearsipan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi Volume 14, Nomor 2, Juni 2023, 115-124.

Anttiroiko, A.-V. B. (2011). Innovations in Publik Governance. IOS Press BV.

Area, B. A. (2022, januari 11). https://barki.uma.ac.id/2022/01/11/apa-itu-era-society-5-0-dan-apa-perbedaannya-dengan-era-industri-4-0/. Retrieved from https://barki.uma.ac.id/2022/01/11/apa-itu-era-society-5-0-dan-apa-perbedaannya-dengan-era-industri-4-0/

Arundel, A. &. (2013). From too little to too much innovation? Issues in measuring innovation in the publik sector. Structural Change and Economic Dynamics, 27(C), 146–159.

Badruttamam, N. (2022, september 30). https://kemenag.go.id/read/akselerasi-transformasi-digital-untuk-pelayanan-publik-yang-optimal-xkkae. Retrieved from https://kemenag.go.id/read/akselerasi-transformasi-digital-untuk-pelayanan-publik-yang-optimal-xkkae

Bali, O. R. (2022, september 16). https://www.ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwkmedia--ombudsman-ungkap-keluhan-pelayanan-publik-di-bali-yang-masih-sering-molor. Retrieved from https://www.ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwkmedia--ombudsman-ungkap-keluhan-pelayanan-publik-di-bali-yang-masih-sering-molor

Bevir, M. (2012). Governance: A Very Short Introduction. OUP Oxford: OUP Oxford.

Brennen, J. S. (2016). ―Digitalization.‖ In The International Encyclopedia of Communication Theory and Philosophy. Wiley, 1–11.

Hartley, J. (2005). Innovation in Governance and Publik Services: Past and Presen. Publik Money & Management, 25(1), 27–34.

Klimentova, S. (2014). Innovation in the publik sector: Is it measurable? In Performance Measurement and Management Control: Behavioral Implications and Human Actions. Emerald Group Publishing Limited, (Vol. 28, pp. 289–315).

Klungkung, D. K. (2017, Juni 5). https://diskominfo.klungkungkab.go.id/2017/06/05/reaktualisasi-pancasila/. Retrieved from https://diskominfo.klungkungkab.go.id/2017/06/05/reaktualisasi-pancasila/.

Moore, H. &. (2008). Innovations in governance. Publik Management Review. SYMPOSIUM: PUBLIK SERVICES INNOVATION, 10(1), 3–20.

Ombudsman. (2022, januari 11). Retrieved from https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwkmedia--tiga-kabupaten-di-bali-raih-predikat-kepatuhan-tinggi

Putra, M. B. (2019, desember selasa). Retrieved from https://www.ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--enam-jalan-menuju-kinerja-pelayanan-prima:

Rahayu, A. S. (2014). Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: PT Bumi Aksara.

RI, O. (2021). Mengawasi Kepatuhan dan Kesigapan Penyelenggara Pelayanan Publik dalam Menghadapi Ketidakpastian. Jakarta: Ombudsman RI.

Siti Marfu’ah, A. K. (Juni 2024). Digitalisasi Pelayanan Publik Ketidaksiapan Masyarakat Dalam Penggunaan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital Dibojonegoro. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi Volume 15, Nomor 2, 271-283.

Sumarto, H. S. (2009). Inovasi, Partisipasi,dan Good Governance. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sunoto. (1985). Mengenal Filsafat Pancasila : Pendekatan Melalui Etika Pancasila. Yogyakarta: PT Hanindita.

Wahyudi. (2016). Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Indonesia. FKIP UNS Journal systems, 382-394.

Downloads

Published

2025-01-31