Strategi Implementasi Kebijakan Perizinan pada Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Sumedang

Authors

  • Ade Irawan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v10i2.1652

Keywords:

Strategi, Implementasi Peraturan, Perizinan yang Optimal

Abstract

Penelitian ini tentang strategi implementasi perizinan investasi dan badan perizinan terpadu Kabupaten Sumedang. Pertumbuhan pendapatan asli daerah Kabupaten Sumedang jika dibandingkan dengan anggaran pemerintah masih relatif kecil. Pertumbuhan PAD mencapai rata-rata 7 persen per tahun. Pihak BPMPT kabupaten Sumedang belum mencapai target yang ditetapkan. Hal ini dapat dilihat dari banyak fenomena yang masih belum memuaskan pengaduan masyarakat atas implementasi perizinan di Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan adalah observasi pendekatan studi kasus kualitatif yang merupakan salah satu bagian dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data untuk mengumpulkan data yang berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara atau informan perilaku dan data sekunder yang diperoleh dari berbagai dokumen, jurnal, karya ilmiah dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model implementasi kebijakan diusulkan oleh grindle meskipun telah dilakukan pada aspek isi dan konteks implementasi kebijakan di BPMPT kabupaten Sumedang, terutama dalam budaya kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminu, Tella, dan Mbaya. 2012. Public Policy Formulation and Implementation in Nigeria. Jurnal internasional Public Policy and Administration Research Vol.2, No.5

David, Fred. R. 2009. Strategic Management : Concepts. Alih Bahasa oleh Kresno Saroso. Prentice Hall. New Jersey.

Grindle, Merilee S. 1980. Politics and Policy Implementation in the Third World. New Jersey : Unity Press.

Goetsch, David L. dan Stanley B. Davis. 1997. Total Quality Management, diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Total Kualitas Mana:iemen. Jakarta: Prenhallindo.Ndraha, Taliziduhu. 1999. Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta.

Kluyver, C. A. & Pearce II, J. A. 2006. Strategy: A View from the Top, 2nd Edition,. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Luis E. Kurtz, Boone, David L. 2011. Pengantar Bisnis Kontemporer. Buku 2. Salemba Empat, Jakarta.

Messah dan Mucai. 2012. Factors Affecting the Implementation of Strategic Plans in Government Tertiary Institutions: A Survey of Selected Technical Training Institutes. Jurnal European Journal of Business and Management Vol 3, No.3.

Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. 2003. Manajemen Strategis 10. Salemba Empat, Jakarta

Peraturan Bupati Sumedang Nomor 45 Tahun 2015 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Penandatanganan Perizinan dari Bupati kepada Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Sumedang .

Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2014 tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten.

Poerwandari. 2001. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Schwab, Klaus. 2018. The Global Competitiveness Report 2018. World Economic Forum.

Wahab, Solihin Abdul. 2008. Analisis Kebijakan, dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta : Bumi Aksara.

Watson, Gregory. 1996. Strategic Benchmarking. Jakarta : PT Gramedia.

Winarno, Budi. 2002. Teori dan proses Kebijakan Publik. Yogyakarta : Mediapress.

Wheelen, Thomas l. Hunger, J.David. 2012. Manajemen Strategis, Edisi Kelima,. Andi,Yogyakarta

Downloads

Published

2019-06-28