ANALISIS IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN CIAMIS

Authors

  • Ahmad Juliarso Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v10i1.1417

Keywords:

e-government, pelayanan publik, integrasi sistem informasi

Abstract

Implementasi e-government dalam pelayanan publik pada Pemerintah Daerah diharapkan dapat menghasilkan pelayanan publik yang lebih cepat, lebih baik, dan lebih efisien, serta dapat meningkatkan penerapan prinsip -prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi e-government dalam hal pelayanan publik di Kabupaten Ciamis, yang didasarkan pada evaluasi pemeringkatan e-government Indonesia, analisis indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik berbasis e-government, dan evaluasi implementasi e-government. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, kemajuan penerapan e-government di Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis adalah telah banyak menggunakan perangkat lunak aplikasi pada situs web www.ciamiskab.go.id dan sistem informasi lainnya yang menunjang pelaksanaan tugas kantor maupun pelayanan kepada masyarakat. Adapun kelemahannya adalah terbatasnya sumber daya manusia yang mampu untuk mengoperasikan dan mengelola aplikasi tersebut. Maka dari itu, guna meningkatkan pengelolaan e-governemnt diberikan rekomendasi untuk dilakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam mengelola aplikasi dan mengintegrasikan sistem informasi dalam pengelolaan e-government tersebut dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan publik di Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiyanto, A. 2006. Mewujudkan Good Governance: Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Faizah, N. & Sensuse D. I. 2009. Faktor- Faktor Sukses Implementasi E- Government di Empat Kabupaten di Indonesia. Digital Information & System Conference.

Fitriansyah, A., H. Budiarto, dan J.Santoso. 2013. Metode Pemeringkatan E-Government Indonesia (PEGI) Untuk Audit Tata Kelola Teknologi Informasi. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. 2¬4 Desember.

Junaidi. 2011. Dukungan E-Government dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Era Otonomi Daerah : Kasus Best Practices dari Sejumlah Daerah di Indonesia. Proceeding Simposium Nasioal Otonomi Daerah. Lab-ANE FISIP Untirta.

Juric, M.B., R. Loganathan, P. Sarang, dan F. Jennings. 2007. SOA Approach to Integration. Birmingham, B27 6PA, UK : Packt Publishing.

Kushandajani, Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dan Peningkatan Pelayanan Publik Di Era Otonomi Daerah, Artikel, 2009.

Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis.2017. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) 2016, Raharjo, B. 2001. Membangun E- Government. Bandung : ITB.

Sosiawan, E. A. 2008.Evaluasi Implementasi E-Government pada Situs Web Pemerintah Daerah di Indonesia : Perpektif Content dan Manajemen. http://edw.dosen.upnyk.ac.id.

Utomo, S. D. 2008. Penanganan Pengaduan Masyarakat Mengenai Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Bisnis dan Birokrasi. 15 (3).

Downloads

Published

2019-02-11