KEPUASAN MASYARAKAT DITINJAU DARI ASPEK KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK APLIKASI SISTEM INFORMASI BERBAGI ADUAN DAN SARAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/kebijakan.v16i01.11013Keywords:
Pelayanan Masyarakat, SiBadra.Abstract
Kota Bogor terus berusaha mewujudkan dirinya sebagai Smart City, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah adanya transparansi dalam pengelolaan kota, agar masyarakat bisa ikut mengawasi jalannya setiap kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor. Pada tahun 2019 meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran (Sibadra). Peningkatan kepuasan masyarakat melalui kualitas produk dapat dilakukan melalui (1) Peningkatan kapasitas server Aplikasi SiBadra sehingga Aplikasi lebih cepat, (2) Maintenance rutin Aplikasi untuk meminimalisir error atau gangguan, (3) Memperbarui desain atau tampilan agar lebih mempermudah penggunaan dan lebih lengkap dalam memberikan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama dengan kepuasan masyarakat, artinya bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kepuasan masyarakat. Upaya peningkatan kepuasan masyarakat dilakukan dengan peningkatan kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama. Kualitas pelayanan yang baik dan kualitas produk yang baik akan berkontribusi terhadap kepuasan masyarakat. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa peningkatan kepuasan masyarakat dapat tercipta dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan yang baik dan peningkatan kualitas produk yang baik, demikian pula sebaliknya, apabila kualitas pelayanan buruk dan kualitas produk tidak baik maka peningkatan kepuasan masyarakat tidak akan tercapai.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernawati, Deasy, Raden Dwiarto, Yulia Nurul Aini, Asropi Asropi, and Noviana Dwi Harsiwi. 2023. “Responsive Public Complaint Service Innovation:The JAKI Application Case in DKI Provincial Government.” Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik 8(1):1–13. doi: 10.26905/pjiap.v8i1.9136.
Juliarso, Ahmad. 2019. “ANALISIS IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN CIAMIS.” Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi 10(1):10. doi: 10.23969/kebijakan.v10i1.1417.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th Editi. Pearson Education,Inc.
Mulyana, Yaya, Bambang Agus Diana, Ridho Harta, and Yayan Andri. 2023. “STRATEGI KEBIJAKAN PENATAAN INFRASTRUKTUR IBU KOTA BARU (STUDI KASUS DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA).” Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi 14(2):136–51. doi: 10.23969/kebijakan.v14i2.8324.
Nurwahyuliningsih, Eka, Soni Akhmad Nulhaqim, and Hadiyanto A. Rachim. 2022. “Kepemimpinan Dan Pengambilan Keputusan Pada Organisasi Layanan Manusia.” Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi 13(Vol. 13 No. 2, Juni 2022):136–45. doi: 10.23969/kebijakan.v13i2.5310.
Saprudin, Zulmasyhur. 2024. “Public Service Innovation : A Comparative Study of Serang and Bogor Cities in Public Service Delivery.” Journal OF Governance 9(4). https://dx.doi.org/10.31506/jog.v9i4.28624
Sastrawan, Berry, Dede Syahrudin, Aep Saepudin Muchtar, and Oetje Subagdja. 2024. “EFEKTIVITAS PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK DI DINAS.” Jurnal Governansi,10:191–200., https://doi.org/10.30997/jgs.v10i2.14693
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.
Supriadi, Made Nopen, Sekolah Tinggi, Teologi Arastamar, Sardjana Orba Manullang, and Universitas Krisnadwipayana. 2021. Pelayanan Publik.
Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. 4th ed. Yogyakarta: Andi.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. n.d. Tentang Pelayanan Publik.
Valarie, A. Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 2018. “Problemsand Strategies in Services Marketing.” Jurnal of Marketing 49.
Wijaya, Andy Fata. 2022. “Pelayanan E-Gov ASN Dalam Society 5.0 : Model Kolaborasi Pentahelix 5.0.”