IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION PADA PELAYANAN PERIZINAN DI DPMPTSP KABUPATEN SERANG

Authors

  • Nida Silvia Lestari Pascasarjana Magister Administrasi Publik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten, Indonesia
  • Arenawati Pascasarjana Magister Administrasi Publik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten, Indonesia
  • Titi Stiawati Pascasarjana Magister Administrasi Publik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v15i02.10306

Keywords:

Implementasi Kebijakan, Pelayanan Perizinan, OSS.

Abstract

Online Single Submission (OSS) merupakan aplikasi yang bertujuan memberikan kemudahan berinvestasi melalui penerapan sistem perizinan berusaha terintegritas secara elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan tentang perizinan melalui sistem OSS pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Serang dengan menggunakan teori Edward III, terdapat empat dimensi yaitu : (1) Komunikasi (2) Sumber Daya (3) Disposisi (4) Struktur Birokrasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan desain pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi kebijakan sistem Online Single Submission pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Serang sudah berjalan dengan baik namun belum optimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu memberikan kemudahan dalam pelayanan perizinan. Faktor yang menjadi penyebab tidak optimalnya implementasi kebijakan Online Single Submission adalah faktor komunikasi dan sumber daya yang belum optimal. Dimana komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten serang belum belum terjangkau kepada seluruh pelaku usaha yang ada di Kabupaten Serang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dawud, J., Abubakar, & Ramdani, D. F. (2020). Implementasi Kebijakan Online Single Submission pada Pelayanan Perizinan Usaha (Studi Kasus di DPMPTSP Kota Bandung & Kabupaten Bandung). Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 12(2).

Dayantri. (2022). Implementasi Kebijakan Online Single Submission (OSS) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sumatera Utara. Jurnal IImiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(No 5).

Khadijah, A. (2023). Inovasi Pelayanan Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bantaeng. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Putra Jaya, B. U. (2021). Implementasi Kebijakan Perizinan Sistem Online Single Submission (Studi pada DPMPTSP Kabupaten Lampung Selatan). Jurnal Analisis Sosial Politik, 5(No 1).

Dwiyanto. (2009). Perbandingan Administrasi Publik. Gava Media.

Mulyadi, D. (2018). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik (T. H. Gedeona & M. Nurafandi (eds.); Cetakan ke). Alfabeta.

Nugroho. (2012). Public Policy for the Developing Countries. Pustaka Belajar.

Setyawan, D. (2017). Pengantar Kebijakan Publik (Cetakan Pe). Inteligensia Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Widodo, J. (2010). Analisis Kebijakan Publik : Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Banyumedia.

Winarno, B. (2012). Kebijakan Publik Teori, Proses dan Studi Kasus. Media Pressindo.

Downloads

Published

2024-07-01