KEBIJAKAN REMUNERASI SEKTOR PENDIDIKAN SEBAGAI ANCAMAN KETAHANAN SOSIAL DAN BUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/kebijakan.v16i01.10268Keywords:
Ketahanan sosial budaya, Kebijakan remunerasi, Institusi pendidikan, Tenaga pengajar, PNSAbstract
Penelitian ini mengkaji risiko ketahanan sosial dan budaya yang timbul dari kebijakan remunerasi di sektor pendidikan. Dalam konteks Indonesia, remunerasi telah diterapkan di berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Kajian tersebut meliputi analisis perbandingan kinerja tenaga pengajar sebelum dan sesudah penerapan kebijakan remunerasi, serta kajian terhadap kebijakan hukum dan manajerial dalam mengevaluasi kinerja tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan remunerasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik dan PNS di bidang pendidikan. Namun, terdapat risiko yang perlu diperhatikan, seperti kesenjangan antara kuantitas dan kualitas, ketidakmerataan dalam distribusi kompensasi, dan dampaknya terhadap budaya dan masyarakat. Untuk mengatasi risiko ini, diperlukan kebijakan yang adil dan transparan dalam evaluasi kinerja, serta pengakuan terhadap faktor-faktor lain yang memengaruhi kualitas pengajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memahami dampak kebijakan remunerasi terhadap ketahanan sosial dan budaya di sektor pendidikan. Implikasi dari penelitian ini menyoroti perlunya perhatian yang lebih besar terhadap implementasi kebijakan remunerasi yang mempertimbangkan kualitas pengajaran dan faktor non-keuangan yang mempengaruhi kinerja tenaga pengajar.Downloads
References
Al Hakim, S., Habibi, M.M. and Sudirman, S. (2016). Implementasi Kebijakan Remunerasi dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 2(3), 65-73. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2016.002.03.9.
Fadhilah, P. and Sucihatiningsih, d.w.p. (2016). Analisis Perbandingan Kinerja Dosen Dua Tahun Sebelum dan Sesudah Remunerasi. Economics Development Analysis Journal, 5(3), 333-340. https://doi.org/10.15294/edaj.v5i3.22155.
Hakim, R. A., & Syaifuddin, A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA di Kota Medan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 15(2), 140-149.
Hartono, a.f.v. (2017). Pengaruh Persepsi Keadilan Remunerasi Terhadap Kinerja Pelayanan Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA). 27(1), 39-58. https://doi.org/10.20473/jeba.V27I12017.39-58.
Jensen, Michael C. and Murphy, Kevin J. and Wruck, Eric G., Remuneration: Where We've Been, How We Got to Here, What are the Problems, and How to Fix Them (July 12, 2004). Harvard NOM Working Paper No. 04-28; ECGI - Finance Working Paper No. 44/2004, Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=561305 or http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.561305.
Kristiansen, I.S. and Holtedahl, K. (1993). Effect Of The Remuneration System On The General Practitioner's Choice Between Surgery Consultations And Home Visits. Journal of Epidemiology & Community Health, 47(6), 481-484. doi: 10.1136/jech.47.6.481.
Mustikasari, E., & Maryatmi, E. (2019). Managerial Leadership in Higher Education: Implications for Teaching Staff Evaluation. Journal of Education and Learning, 13(3), 285-292.
Nasution, N. H., & Silalahi, R. M. (2016). Pengaruh Kebijakan Remunerasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Administrasi Publik, 4(2), 249-258. (The Influence of Remuneration Policy on the Performance of Civil Servants in the Regional Personnel Board of Deli Serdang Regency)
Noviarina, N. F. (2018). Evaluasi Kebijakan Pembiayaan Pendidikan pada Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia (Studi Kasus pada Universitas Lampung). Jurnal Penelitian Humaniora, 19(1), 70-86. (Evaluation of Education Financing Policy in State Universities in Indonesia: A Case Study of Lampung University)
Vienty, O., Ajepri. F, & Rusmiyati (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 130-149.
Rakhmawati, A., & Marzuki, M. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Perguruan Tinggi Negeri. Jurnal Penelitian Pendidikan Tinggi, 2(1), 51-58.
Rokhman, F., & Effendi, I. (2020). The Impact of Remuneration Policy on the Performance of Teaching Staff in Higher Education Institutions. Journal of Educational Science and Technology, 6(2), 161-170.
Santoso, M.A., Azis, N. and Darsono, N. (2015). Analisis Kedisiplinan dan Gaya Kepemimpinan Serta Remunerasi Terhadap Kinerja Anggota Polri Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Organisasi Polres Aceh Barat. Jurnal Manajemen ISSN,2302, p.0199.
Sari, S. W., & Yuwono, A. H. (2018). Analisis Pengaruh Remunerasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pemerintahan, 2(2), 150-160. (Analysis of the Influence of Remuneration on the Performance of Civil Servants in the Investment and Integrated One-Stop Service Agency of Central Java Province).
Wahyudi, T., & Nurmaliah, N. (2019). Manajemen Strategik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Banyumas. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 59-69.
Waliudin, A. S., Chotimah, C., Sulistiyorini (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. SKILLS: Jurnal Riset dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1-9.
Wibowo, A. (2018). Legal Policy and Challenges for Quality Assurance in Higher Education. Journal of Legal, Ethical and Regulatory Issues, 21(1), 1-8.