ANALISIS KEBIJAKAN KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS DI KOTA MEDAN

Authors

  • Siti Hajar Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Agung Saputra Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Mila Trisna Sari Program Studi Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v15i02.10182

Keywords:

kebijakan kesehatan, mutu pelayanan, standar pelayanan kesehatan

Abstract

Puskesmas sebagai salah satu FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang difungsikan sebagai gatekeeper dalam pelayanan kesehatan yang dituntut untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan untuk masyarakat secara adil, merata, berkualitas dan memuaskan masyarakat. Namun, kinerja Puskesmas yang ada di Kota Medan, tidak seluruhnya menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan baik dan benar sesuai dengan standar pelayanan kesehatan yang diatur dalam peraturan yang berlaku. Dengan demikian, untuk menghasilkan kinerja yang optimal dan berkualitas maka seluruh sumber daya yang ada sebagai input dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota Medan harus dapat disesuaikan dengan standar dan kode etik profesi di bidang kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan pelayanan kesehatan berbasis kinerja dalam meningkatkan kepuasan masyarakat pada Puskesmas Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methode yang menggabungkan antara kualitatif dan kuantitatif (penelitian kombinasi). Penelitian ini menghasilkan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota Medan tergolong sangat bagus berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diperoleh, meliputi unsur keandalan (87%), ketanggapan (88%), kepastian (77%), empati (84%) dan tangible (77%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyono, J. B. S. B. (2008) Membangun Budaya Keselamatan Pasien dalam Praktik Kedokteran. Yogyakarta: Kanisius.

Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (Third Edit).

Ekasari, et.al (2017) Analisis Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Metode Servqual. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, Vol. IX No. 1: 86-93 Edisi September 2017

Ensha, Susanti Ira (2018) Pengaruh Implementasi Kebijakan Akreditasi Puskesmas Terhadap Manajemen Pelayanan Kesehatan Masyarakat dalam Mewujudkan Produktivitas Kerja. Jurnal Publik, Volume 12 No. 01 Tahun 2018 ISSN 1412-7083

Hajar, Siti. et al (2022) Muslim-Friendly Tourism Towards Good Tourism Governance. Otoritas: Jurnal ilmu Pemerintahan, Volume 12 No 2 Edisi Oktober 2022. https://doi.org/10.26618/ojip.v12i2.8052

Halil, S. N., Indar, & Darmawansyah. (2012). Faktor yang Berhubungan dengan Mutu Pelayanan di Puskesmas Pamboang Kabupaten Majene. Makasar: Universitas Hasanuddin

Institute of Medicine (US) Committee on Quality of Health Care in America. (2001) Crossing the Quality Chasm: A New Health System for the 21st Century. Washington (DC): National Academies Press (US). Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK222274/.

Kholik, Kholilul, et al (2022) Dimensi Kualitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Manajemen Mutu di Puskesmas Kota Medan. Jurnal Sinar Manajemen; Volume 9 No. 3 Edisi November 2022; Universitas Muhammadiyah Palu. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i3.3017

Maddison, S and R. Denniss, An Introduction to Australian Public Policy: Theory and Practice. Cambridge: Cambridge University Press, 2009

Naima, et.al (2019) Comparison of the impact of different extraction methods on polyphenols yields and tannins extracted from Moroccan Acacia mollissima barks, Ind. Crops Prod., 70 (2015), pp. 245-252

Permenkes 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas

Prameswari, Nita, Galuh dan Basith Z A (2020) Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development, Volume 4 (1) Tahun 2020. https://doi.org/10.15294

Roslina, Ance, et al (2022) Waspada Pandemi Covid -19; Transfer Pengetahuan Tentang Covid-19 dan Manfaat Vaksinasi Pada Masyarakat Lubuk Bayas. Ihsan; Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 4 No 1 Tahun 2022. https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i1.9982

Saputra, Agung et al (2016) Implementasi Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Dalam Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Administrasi Publik Volume 6 No. 1 Edisi Juni 2016 https://doi.org/10.31289/jap.v6i1.1052

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryana, Ohan (2019) Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Pada Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam. Jurnal Tranformasi Administrasi, Volume 09 Nomor 1 Tahun 2019. http://jta.lan.go.id/index.php/jta/article/view/jta-vol-9-1_05-Ohan-Suryana/51

Taekab, et. Al (2019) Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas dan Hubungannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Volume 7 No. 1 Januari 2019

Tjiptono, Fandy. (2017) Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Yogyakarta: C.V Andi Offset

Wulandari, et al (2017) Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di UPTD Puskesmas Langara Kecamatan Mawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1(3)Tahun 2017

Yandrizal (2022) Implementasi Fungsi Manajemen: Optimalkan Capaian Kinerja dan Mutu Pelayanan Puskesmas. Eureka Media Aksara; Jawa Tengah

Downloads

Published

2024-07-01