ANALISIS KEBIJAKAN KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/kebijakan.v15i02.10182Keywords:
kebijakan kesehatan, mutu pelayanan, standar pelayanan kesehatanAbstract
Puskesmas sebagai salah satu FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang difungsikan sebagai gatekeeper dalam pelayanan kesehatan yang dituntut untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan untuk masyarakat secara adil, merata, berkualitas dan memuaskan masyarakat. Namun, kinerja Puskesmas yang ada di Kota Medan, tidak seluruhnya menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan baik dan benar sesuai dengan standar pelayanan kesehatan yang diatur dalam peraturan yang berlaku. Dengan demikian, untuk menghasilkan kinerja yang optimal dan berkualitas maka seluruh sumber daya yang ada sebagai input dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota Medan harus dapat disesuaikan dengan standar dan kode etik profesi di bidang kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan pelayanan kesehatan berbasis kinerja dalam meningkatkan kepuasan masyarakat pada Puskesmas Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methode yang menggabungkan antara kualitatif dan kuantitatif (penelitian kombinasi). Penelitian ini menghasilkan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota Medan tergolong sangat bagus berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diperoleh, meliputi unsur keandalan (87%), ketanggapan (88%), kepastian (77%), empati (84%) dan tangible (77%).Downloads
References
Cahyono, J. B. S. B. (2008) Membangun Budaya Keselamatan Pasien dalam Praktik Kedokteran. Yogyakarta: Kanisius.
Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (Third Edit).
Ekasari, et.al (2017) Analisis Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Metode Servqual. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, Vol. IX No. 1: 86-93 Edisi September 2017
Ensha, Susanti Ira (2018) Pengaruh Implementasi Kebijakan Akreditasi Puskesmas Terhadap Manajemen Pelayanan Kesehatan Masyarakat dalam Mewujudkan Produktivitas Kerja. Jurnal Publik, Volume 12 No. 01 Tahun 2018 ISSN 1412-7083
Hajar, Siti. et al (2022) Muslim-Friendly Tourism Towards Good Tourism Governance. Otoritas: Jurnal ilmu Pemerintahan, Volume 12 No 2 Edisi Oktober 2022. https://doi.org/10.26618/ojip.v12i2.8052
Halil, S. N., Indar, & Darmawansyah. (2012). Faktor yang Berhubungan dengan Mutu Pelayanan di Puskesmas Pamboang Kabupaten Majene. Makasar: Universitas Hasanuddin
Institute of Medicine (US) Committee on Quality of Health Care in America. (2001) Crossing the Quality Chasm: A New Health System for the 21st Century. Washington (DC): National Academies Press (US). Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK222274/.
Kholik, Kholilul, et al (2022) Dimensi Kualitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Manajemen Mutu di Puskesmas Kota Medan. Jurnal Sinar Manajemen; Volume 9 No. 3 Edisi November 2022; Universitas Muhammadiyah Palu. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i3.3017
Maddison, S and R. Denniss, An Introduction to Australian Public Policy: Theory and Practice. Cambridge: Cambridge University Press, 2009
Naima, et.al (2019) Comparison of the impact of different extraction methods on polyphenols yields and tannins extracted from Moroccan Acacia mollissima barks, Ind. Crops Prod., 70 (2015), pp. 245-252
Permenkes 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas
Prameswari, Nita, Galuh dan Basith Z A (2020) Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development, Volume 4 (1) Tahun 2020. https://doi.org/10.15294
Roslina, Ance, et al (2022) Waspada Pandemi Covid -19; Transfer Pengetahuan Tentang Covid-19 dan Manfaat Vaksinasi Pada Masyarakat Lubuk Bayas. Ihsan; Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 4 No 1 Tahun 2022. https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i1.9982
Saputra, Agung et al (2016) Implementasi Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Dalam Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Administrasi Publik Volume 6 No. 1 Edisi Juni 2016 https://doi.org/10.31289/jap.v6i1.1052
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryana, Ohan (2019) Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Pada Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam. Jurnal Tranformasi Administrasi, Volume 09 Nomor 1 Tahun 2019. http://jta.lan.go.id/index.php/jta/article/view/jta-vol-9-1_05-Ohan-Suryana/51
Taekab, et. Al (2019) Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas dan Hubungannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Volume 7 No. 1 Januari 2019
Tjiptono, Fandy. (2017) Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Yogyakarta: C.V Andi Offset
Wulandari, et al (2017) Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di UPTD Puskesmas Langara Kecamatan Mawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1(3)Tahun 2017
Yandrizal (2022) Implementasi Fungsi Manajemen: Optimalkan Capaian Kinerja dan Mutu Pelayanan Puskesmas. Eureka Media Aksara; Jawa Tengah