EVALUASI SIGNIFIKANSI METODE OPTIMASI DALAM MEMINIMUMKAN BIAYA PERENCANAAN PRODUKSI

Authors

  • Akhsani Nur Amalia Fakultas Teknik– Universitas Pasundan
  • Arum Sari Fakultas Teknik– Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v20i1.876

Keywords:

Design of Experiment, Graeco Latin Square Design, Perencanaan Produksi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode optimasi untuk meminimumkan biaya perencanaan produksi. Analisis berbasis eksperimen dilakukan dengan menggunakan Graeco Latin Square Design. Faktor utamanya adalah metode perencanaan produksi dengan tiga level. Ketiga level ini yaitu metode optimasi, metode heuristik dengan strategi konstan dan metode heuristik dengan strategi sesuai demand. Sementara itu, faktor stabilitas demand, rasio biaya hiring dan lay off dan biaya simpan merupakan faktor nuisance. Hasil eksperimen membuktikan bahwa metode optimasi memiliki pengaruh yang signifikan dalam meminimumkan biaya perencanaan produksi. Uji level faktor menunjukkan bahwa metode optimasi paling baik digunakan untuk variasi demand tinggi, rasio biaya hiring dan lay off tinggi dan biaya simpan sedang. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa pengaruh optimasi dapat menurunkan biaya perencanaan produksi sebesar 0,65% sampai dengan 17,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sipper, D., Bulfin, R.L. Jr. 1997. Production Planning, Control, and Integration. United States of America : The McGraw-Hill Companies, Inc.

Dimyati, T. T., Dimyati, A. 2010. Operations Research. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Amalia, A. N. 2015. Optimasi Perencanaan Produksi Studi Kasus di Home Industri Hackers. Skripsi tidak diterbitkan. Program Sarjana UNPAS, Bandung.

Simamora, D. F. 2017. Optimasi Perencanaan Produksi Perakitan Wiring Herness Dengan Menggunakan Model Mixed Integer Linear Programming Pada CV. XYZ Cikarang. Diakses tanggal 13 Juli 2017.

Gaspersz, V.. 1991. Metode Perancangan Percobaan. Bandung : CV. ARMICO, hal 25-26.

Downloads

Published

2018-05-20