Implementasi Metode Weighted Product dalam Menentukan E-Commerce Terbaik

Authors

  • Disty Anastasya Universitas Negeri Medan
  • Syahrul Fahri Universitas Negeri Medan
  • Stefania Situmorang Universitas Negeri Medan
  • Debi Yandra Niska Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v25i1.7699

Keywords:

E-commerce, Sistem pendukung keputusan, Weighted Product

Abstract

Belanja online menjadi aktivitas yang populer bagi semua kalangan masyarakat. Masyarakat indonesia semakin senang dan dimanjakan dalam mendapatkan barang dan jasa yang di butuhkan. Namun belanja online, tentunya ada juga sisi negatifnya. Misalnya, banyak orang membeli barang dari toko online, tetapi ketika produk yang di pesan tiba, tidak sesuai dengan warna, kualitas atau keamanan yang kurang terjamin, sistem pelayanan yang kurang, dan terkadang ada e-commerce yang memberikan banyak voucher ongkir namun hanya bisa di gunakan pada kriteria tertentu misalnya hanya bisa di gunakan untuk membeli barang dengan harga tertentu. Oleh karena itu, perlu dilakukan perankingan untuk mengetahui e-Commerce mana yang terbaik untuk meminimalisir rasa khawatiran ketika belanja online. Kajian ini bertujuan untuk menentukan e-commerce terbaik sesuai kriteria tertentu. Metode yang diterapkan pada penelitian ini ialah metode Weighted Product atau WP. Ini lebih khusus langsung pada nilai bobot setiap kriteria dan gampang untuk melakukan perangkingan. Dari hasil yang di dapatkan dengan perhitungan menggunakan metode ini, masyarakat yang masih ragu dalam melakukan pembelian secara online dapat menentukan online shop terbaik untuk berbelanja. Nilai terbesar di dapatkan oleh shopee dengan nilai 0,498684. Kemudian untuk urutan kedua di tempati oleh e-commerce lainnya dengan nilai yang sama yaitu sebesar 0,125329.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, F., Harahap, A., Mardianson Sinaga, R., Tasari, A., & Yandra Niska, D. (n.d.). Implementasi Decision Support System Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Dalam Pemilihan Rumah Kost Disekitar Kampus Universitas Negeri Medan Implementation Of The Simple Multi Attribute Rating Technique Decision Support System Method In The Selection Of A Costing House Around The Campus Of The State University Of Medan. http://jtika.if.unram.ac.id/index.php/JTIKA/

Eliyen, K., & Efendi, F. S. (2019). Implementasi Metode Weighted Product Untuk Penentuan Mustahiq Zakat. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 4(1), 146–150. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i1.1476

Ferry Afrizal, M. (2017). Analisis Metode Weighted Product (Wp) Dan Technique For Order Of Preference By Similarity To Ideal Solutions (Topsis) Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Destinasi Wisata Kota Batu. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 1(2).

Fransiska, D. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan E-Commerce Terbaik Menggunakan Metode Weighted Product. Prosisko, 10(1), 41–48.

Ginting, J. V. B. (2020). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan e-Commerce Terbaik Dengan Menggunakan Metode SAW. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(1), 225. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1986

Kurniawan, D. E., & Amanda, S. T. (2017). 77-193-1-PB. Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK), 04(1), 102–111.

Silmina, E. P., & Hardiani, T. (n.d.). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Makan untuk Balita Menggunakan Metode Weight Product. 7(2), 2022.

Sugiarto, A., Rizky, R., Mira Yunita, A., & Hakim, Z. (n.d.). Bianglala Informatika Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Pegawai Pada CV Bejo Perkasa. 8(2), 2020.

Sumampouw, M. G. (2017). Paper_17_95_100. REALTECH, 13(1), 95–101.

Wantoro, A., & Muludi, K. (2020). KOMBINASI METODE ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDTIVE WEIGHT (SAW) UNTUK MENENTUKAN WEBSITE E-COMMERCE TERBAIK. Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 131–142. www.webpagetest.org

Downloads

Published

2023-06-29