PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT UJI NDT ULTRASONIC TEST DENGAN METODE MICROCONTROLLER

Authors

  • Jojo Sumarjo Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aa Santosa
  • Riko Purbowo

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v19i2.626

Keywords:

NDT Ultrasonic, microcontroller, material

Abstract

Alat ukur NDT merupakan suatu alat ukur tanpa merusak dari komponen yang diuji. Telah dibuat suatu alat ukur NDT jenis Ultasonic dengan menggunakan 2 motor penggerak dengan daya motor dan11,4 Watt 19,5 Watt dan menggunakan sensor yang diatur secara Microcontroller. Sensor tersebut mendeteksi keberadaan cacat logam dengan dua Probe. Pantulan dari probe tersebut akan membuat suatu grafik yang menjelaskan kedalaman dari cacat yang terjadi pada logam. Microcontroller menggunakan ATMEGA 8. Alat NDT tersebut dilakukan kalibrasi dengan alat ukur yang sudah standar dengan menggunakan dua buah material yaitu baja dan tembaga. Dari hasil kalibrasi didapat hasil untuk material baja pada alat ukur yang dibuat dengan material baja kecepatan rambatnya 3,13 sedangkan untuk tembaga 2,39. Sedangkan untuk alat ukur standar kecepatan rambat baja 0,89 dan untuk tembaga 0,59. Perhitungan secara metoda Transversal untuk kecepatan rambat baja 3,13 dan tembaga 2,39.

Downloads

Download data is not yet available.

References

American Society for Non Destructive Testing. (2002). Non Destructive Testing Inspector’s Handbook. USA: American Society for Non Destructive Testing.

Bartholommev, Davis. (1963). Electrical Measurements and Instrumentation. Boston: Allyn and Baccon, Inc.

Ryder, John D. (1964). Electronic Fundamentals and Applications 3rd Edition. Englewood Clffe, NJ: Prentice-Hall, Inc.

International Atomic Energy Agency, Vienna. (1999). Non Destructive Testing: A Guidebook for Industrial Management and Quality Control Personnel. Austria. IAEA.

William, D, Calister, Jr dan David, G, Rethwisch. (2009). Materials Science And Engineering An Introduction Eighth Edition. America : John Wiley & Sons, Inc.

Downloads

Published

2017-12-22