Sistem Informasi Peminjaman Peralatan Jaringan dan Multimedia Berbasis Website di Biro Sistem Informasi UMY

Authors

  • Nani Purwati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Meidana Wahyu Pratama Universitas Bina Sarana Informatika
  • Paulus Tofan Rapiyanta Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v24i2.6019

Keywords:

black box testing, informasi, peminjaman, waterfall, website

Abstract

Sebagai salah satu divisi pada civitas Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Biro Sistem  berperan penting sebagai pengelola sistem informasi. Peneliti melakukan riset pada Biro Sistem Informasi di Unit LSI yang masih memiliki beberapa permasalahan antara lain peminjaman peralatan jaringan dan multimedia belum terkelola dengan baik serta proses peminjaman yang masih secara lisan dan belum adanya system administrasi yang baik. Hal ini menyebabkan karyawan LSI , kewalahan dalam mengelola permintaan masuk dan keluar setiap harinya. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun system informasi untuk mendukung Biro dalam menjalankan pekerjaan secara optimal  kepada civitas, yang menghasilkan detail dokumentasi terkait dengan proses peminjaman dan pengembalian barang serta dalam pencatatan data unit peralatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalaha metode  Waterfall untuk mengembangkan sistem berbasis Website yang dimulai dengan tahapan analisa kebutuhan, desain, pengkodean dan pengujian. Untuk perancangan perangkat lunak, pertama-tama dibuat rancangan antarmuka, kemudian Entity Relationship Diagram (ERD) dan Logical Record Structure (LRS). Penulis melakukan pengujian  website menggunakan Black Box Testing agar sistem berjalan sesuai dengan lingkungan yang diinginkan. Dengan adanya website  ini memudahkan pihak divisi LSI dalam memberikan pelayanan peminjaman kepada seluruh civitas UMY secara cepat, efektif dan lebih maksimal. .    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, T., Rachma, R. F., Mulyani, Y. S., & Hikmah, A. B. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Peminjaman Barang Milik Negara ( SIPIRMIRA ) Pada KPKNL Tasikmalaya. 9(1), 70–77.

Astuti, S. T., & Rapiyanta, P. T. (2018). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Pada Persewaan Alat Camping. Implementasi Data Mining Penjualan Tas Pada Toko Fabella Shop Menggunakan Algoritma Apriori, 10(4), 92–97.

Ferdika, M., & Kuswara, H. (2017). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT Era Makmur Cahaya Damai Bekasi. Information System for Educatos and Professionals. E-ISSN: 2548-3587, 1(2), 175–188.

Khasbi, I., Nugraha, F., & Muzid, S. (2016). Sistem Informasi Peminjaman Ruang Dan Barang Di Universitas Muria Kudus Berbasis Web Menggunakan Fitur Sms Notification. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 513. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.762

Nurmalasari, Anna, & Arissusandi, R. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Laporan Laba Rugi Berbasis Web. Jurnal Sains Dan Manajemen, 7(2), 6–14.

Shadiq, J. (2020). Sistem Informasi Peminjaman dan Pengembalian Barang Pada Sekolah. Information System For Educators And Professionals, 4(2), 188–197.

Suryadi, A. (2019). Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus : Kantor Desa Karangrau Banyumas). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7(1), 13–21. https://doi.org/10.31294/jki.v7i1.36

Downloads

Published

2022-12-30