Penentuan Jumlah Server pada Bagian Pencucian Kendaraan Setelah Servis untuk Mengurangi Waktu Menunggu Di PT. XYZ Bandung

Authors

  • Ragil Pardiyono Universitas Jenderal Achmad Yani Bandung
  • Gianti Puspawardhani Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Hermita Dyah Puspita Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Oviyan Patra Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Jahny Sastradiharja Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v24i2.5739

Keywords:

Leadtime, menunggu, sistem Antrian, (M/M/C):(GD/∞/∞)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. XYZ yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan kendaraan, spare part dan servis kendaraan roda empat resmi merk Toyota.  Berdasarkan hasil follow up customer satisfaction level melalui telepon yang bersifat acak kepada pelanggan setelah servis diperoleh hasil jumlah ketidakpuasan pelanggan sebesar 3,6%. Sedangkan target ketidakpuasan yang ditetapkan oleh TAM adalah maksimal 1% pelanggan yang tidak puas. Hal ini tentu menjadi masalah karena adanya gap ketidakpuasan konsumen. Dari hasil identifikasi diperoleh data penyebab dominan ketidakpuasan konsumen karena lamanya waktu menunggu pada bagian pencucian kendaraan setelah servis. Hal itu disebabkan karena PT. XYZ hanya mempunyai 1 stall atau bagian pencucian, sehingga tidak sebandingnya antara jumlah kendaraan yang servis dengan jumlah pelayanan. Maka tujuan penelitian ini adalah menentukan jumlah server optimal pada stall cuci kendaraan setelah servis. Berdasarkan pengolahan data menggunakan model sistem antrian (M/M/C):(GD/∞/∞) diperoleh hasil kondisi yang ada perusahaan menyediakan 1 stall cuci dan tidak mencapai keadaan mapan (steadty state). Maka jumlah server minimum yang di peroleh sebanyak 2 stall cuci dengan ukuran kriteria antrian probabilitas tidak ada kendaraan dalam sistem sebesar 0,317, rata-rata jumlah kendaraan dalam antrian sebanyak 0,064 kendaraan, rata-rata jumlah kendaraan dalam sistem sebanyak 1,102 kendaraan, dan rata-rata waktu menunggu kendaraan di dalam antrian = 0,0149 jam. Hasil ini tidak membahas mengenai biaya yang timbul dari penambahan server, kedepan perlu dilakukan kajian dari aspek biaya agar pembahasannya menjadi lengkap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bellido, J., Alarcon, R., Pautasso, C., & Vairetti, C. (2019). SAW-Q: a dynamic composition approach of REST services based on queue model. International Journal of Web and Grid Services, 15(1), 29-58.

Chiang, Y. J., & Ouyang, Y. C. (2014). Profit optimization in SLA-aware cloud services with a finite capacity queuing model. Mathematical Problems in Engineering, 2014.

Christiansen, M. H., & Chater, N. (2016). The now-or-never bottleneck: A fundamental constraint on language. Behavioral and brain sciences, 39.

Hnaien, F., Dolgui, A., & Ould Louly, M. A. (2008). Planned lead time optimization in material requirement planning environment for multilevel production systems. Journal of Systems Science and Systems Engineering, 17(2), 132-155.

Maurya, V. N. (2012). Determination of expected busy periods in faster and slower arrival rates of an interdependent M/M/1:(∞; GD) queueing model with controllable arrival rates. International Journal of Engineering Research and Technology, 1-5.

Mary, N. A. B., & Saravanan, K. (2013). Performance Factors of Cloud Computing Data Centers Using [(M/G/1):([Infinity]/Gdmodel)] Queuing Systems. International Journal of Grid Computing & Applications, 4(1), 1.

Pardiyono, R. (2020). Study of Student Satisfaction from the Marketing Mix Aspect. Journal of Business, Management, & Accounting, 2(1).

Pardiyono, R., & Puspita, H. D. (2020). Measurement of Student Satisfaction Using Customer Satisfaction Index (CSI). Journal of Research in Business, Economics, and Education, 2(6), 1493-1499.

Pardiyono, R., & Puspita, H. D. (2021). Studi Tentang Faktor Dominan dalam Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 279-289.

Srinivasan, R. (2014). Queuing Systems. In Strategic Business Decisions (pp. 195-226). Springer, New Delhi.

Downloads

Published

2022-12-30