Perancangan Aplikasi Pengaduan Layanan Publik pada Kota Serang

Authors

  • Komarudin Komarudin member
  • Evy Nurmiati Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v24i2.5533

Keywords:

Sistem Informasi, Pengaduan Layanan Publik, E-Goverment

Abstract

Kota Serang merupakan daerah baru hasil pemekaran dari Kabupaten Serang, Banten. Kota Serang juga merupakan ibu kota provinsi Banten. Kota Serang memiliki enam kecamatan dan mempunyai luas wilayah sebesar 266,77 km². Dari enam kecamatan tersebut, terbagi lagi menjadi 20 kecamatan dan 46 desa yang ada pada Kota Serang. Guna memaksimalkan dan juga Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh instansi publik, diperlukan Sistem Informasi Pengaduan Pelayanan Publik (SIPPP) yang akan membantu menilai seberapa efektif pelayanan yang dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk mengevaluasi seberapa baik layanan tersebut berjalan. Selain itu, SIPPP ini juga dapat digunakan untuk wadah aspirasi warga kota Serang. Selama ini pengaduan hanya disampaikan melalui Suggestions Box. Sebenarnya Kota Serang sendiri sudah mulai mengembangkan sistem informasi Pengaduan Pelayanan Publik ini, namun masih belum berfungsi sebagaimana mestinya. Tentu saja hal ini kurang praktis, sehingga diperlukan sistem informasi pengaduan pelayanan publik ini untuk menangani pengaduan secara lebih cepat  dan langsung serta lebih meningkatkan pelayanan kota Serang. Untuk penelitian ini, kami memilih studi berbasis web menggunakan teknik pengembangan perangkat lunak Waterfall. Teknik ini terdiri dari beberapa fase, dimulai dari fase analisis hingga fase implementasi dan pemeliharaan aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrin, A., Larasati, M.D., Satriadi, I. (2020). Model Waterfall untuk Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, IV(1): 135-140.

Novyat, N., Ibrahim, A., & Ambarita, A. (2018). Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada Pdam Kota Ternate. IJIS - Indonesian Journal On Information System, 3(1). https://doi.org/10.36549/ijis.v3i1.37

Nurseptaji, A., Arey, Andini, F., Ramdhani, Y. (2021). Implementasi Metode Waterfall pada Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Dialektika Informatika (Detika), 1(2): 49-57.

Rohmatun, S., Widihastuti, I., & Khosyi’in, M. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Kabupaten Jepara Berbasis Web. TRANSISTOR Elektro dan Informatika, 2(2), 111–123.

Yoki Firmansyah, Maulana, R., & Fatin, N. (2020). Sistem Informasi Pengaduan Warga Berbasis Website ( Studi Kasus : Kelurahan Siantan Tengah , Pontianak Utara ). Jurnal Cendikia, XIX(April), 397–404. https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/328

https://biropemerintahan.bantenprov.go.id/profil-kota-serang, Profil Kota Serang, diakses pada 09 Mei 2022.

Downloads

Published

2022-12-30