MODEL INTERAKSI APLIKASI WEB PADA TEKNOLOGI JAVA

Authors

  • Ade Sukendar Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v18i2.499

Keywords:

Aplikasi Web, Model Interaksi, Java Web, Perawatan

Abstract

Aplikasi web adalah aplikasi yang berjalan dengan menggunakan koneksi jaringan menggunakan protokol HTTP. Interaksi aplikasi web dimulai ketika pengguna meminta (request) ke server sampai server memberikan tanggapan (response) kepada pengguna. Setiap interaksi yang terjadi akan mengakses bagian program, semakin lingkupnya besar maka program yang terdapat pada aplikasi akan semakin banyak pula. Penelitian ini akan melakukan studi terhadap model interaksi web pada teknologi Java dan keterkaitannya dengan proses perawatan terhadap model interaksi yang digunakan. Pada penelitian ini melakukan studi literatur dan melakukan berbagai eksplorasi tehadap penelitian-penelitian serupa yang sudah dilakukan sebelumnya berdasarkan referensi. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu memberikan perbandingan setiap model interaksi yang digunakan pada tingkatan program dengan maupun tanpa framework.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pressman, R.S., dan Lowe, D., Web Engineering: A practitioners approach. McGraw-Hill. New-York. 2009.

Chung, S. dan Lee, Y. Modeling Web Applications Using Java And XML Related Technologies. Proceedings of the 36th Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS’03). IEEE. 2002.

Brereton, P., Budgen, D., dan Hamilton, G., Hypertext: The Next Maintenance Mountain. IEEE Computer. December 1998. pp. 49-55.

Sukendar, Ade. Model Interaksi Web Pada Teknologi Java. Universitas Pasundan, Bandung, April 2010.

About Dynamic Content. Data diperoleh melalui internet:

http://www.adobepress.com/articles/ article.asp?p=31062&seqNum=3. Diunduh pada Januari 2010.

Horstmann, C., Core JSP. San Jose, Prentice Hall. 2000.

Jendrock, E., dkk. The Java EE 5 Tutorial, Third Edition : For Sun Java System Application Server Platform Edition 9. California, Sun Microsystems, Inc. 2006.

Falkner, J. dan Jones, K., Servlets and JavaServer Pages™: The J2EE™ Technology Web Tier. Boston, Pearson Education. 2006.

Integrating Servlet and JSP : The Model View Controller (MVC). Data diambil dari internet: J2EE training from the author:

http://courses.coreservlets.com/. Diunduh pada Januari 2010.

Kurniawan, B., Struts2 Design and Programming: A Tutorial. Brainy Software. 2008.

Newton, D., Apache Struts 2 Web Application Development. Birmingham-Mumbai, Packt Publishing. 2009.

Roughley, I., Practical Apache Struts2 web 2.0 Projects. USA, Apress. 2007.

Turner, J. dan Berdell, J., Struts Kick Start. Pearson Education. 2003.

Wijono, S. H., Suharto, H., Wijono, M. S., Pemrograman Java Servlet dan JSP dengan NetBeans. Yogyakarta, Penerbit Andi. 2006.

JSP Architecture. Data Diperoleh dari internet: http://www.brainopolis.com/jsp/jspArchitecture.html. Diunduh pada Januari 2010.

Downloads

Published

2017-09-28