Evaluasi Penyebaran Informasi mengenai Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Komunitas Akademik Prodi Teknik Lingkungan Universitas Pasundan

Authors

  • Anni Rochaeni Universitas Pasundan
  • Hary Pradiko Universitas Pasundan
  • Deni Rusmaya Universitas Pasundan
  • Yonik Meilawati Yustiani Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v24i1.4969

Keywords:

Informasi, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Teknik Lingkungan

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) telah diadopsi di Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pasundan (TL UNPAS) selama 1 tahun. Mahasiswa sudah mengikuti program tersebut dengan kegiatan yang beragam. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi aspek penyebaran informasi mengenai program MBKM kepada seluruh komunitas akademik yang terdapat di Prodi TL UNPAS. Metode yang digunakan yaitu menggunakan survei online yang tautannya disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Hasil survei menunjukkan bahwa responden terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang masing-masing mewakili sebanyak 90%, 100% dan 20%. Pengetahuan dosen mengenai program MBKM paling banyak diperoleh melalui kegiatan sosialisasi luring/ daring yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Tenaga kependidikan sudah mengetahui mengenai kebijakan Program MBKM walau belum sepenuhnya memahami. Paling banyak mahasiswa memperoleh informasi dari kegiatan sosialisasi luring/daring yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi, dalam hal ini UNPAS yaitu sekitar 37%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Avci, G., Gumus, N. (2020). The Effect of Outdoor Education on the Achievement and Recall Levels of Primary School Students in Social Studies Course. RIGE, Review of International Geographical Education, 10(1), 36p. https://doi.org/10.33403/rigeo.638453

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Ilyas, M., Farid, M., Akbar, M. (2017). Efektifitas Penyebaran Informasi Rekrutmen Peserta Didik Pelatihan Berbasis Kompetensi Pada Balai Latihan Kerja Kab. Majene. Jurnal Komunikasi KAREBA, 6(1): 162-173)

Khaerudin, K., Arwadi, F., Majid, A.F. (2021). Meningkatkan Pemahaman Dosen terkait Rekognisi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Prosiding Semnas 2021.

Laga, Y., Nona, R.V., Langga, L., Jamu, M.E. (2022). Persepsi Mahasiswa terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1): 699-706

Ramadhan, Y., Mulyana, E.Y., Adi P., R. (2021). Persepsi Tenaga Kependidikan dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Universitas Esa Unggul, Jakarta. Forum Ilmiah, 18(4): 457-465

Rizky, U.F., Alparozi, S., Taufan, R., Rahmatilla, D.L., Rofii, A., Khoirunisa, K., Kusuma, D., Wijonarko, P. (2021). Pengaruh Sosialisasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terhadap Keberhasilan Pelaksanan MBKM di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Promedia (Public Relation and Media Komunikasi), 7(2): 413-430

Rozali, Y.A., Sitasari, N.W., Mariayanti, S. (2021). Kesiapan Dosen Menjalankan Progam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk membentuk Mahasiswa Unggul dalam Era Revolusi Industri 4.0. Forum Ilmiah Indonusa, 18(4): 448-456

Downloads

Published

2022-06-25