STUDI POLA PENGEMBANGAN WEB DINAMIS DENGAN ARSITEKTUR MVC: IMPLEMENTASI PADA JAVASERVER FACES (JSF)

Authors

  • Hendra Komara Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v18i2.494

Keywords:

PLBWD, pola, platform, MVC

Abstract

Perangkat lunak berbasis web dinamis (PLBWD) melakukan pengubahan informasi melalui pengubahan data, bukan melalui pengubahan kode program. Teknologi pengembang PLBWD terus merilis dan memutakirkan kakas pengembang PLBWD dengan keunggulan masing-masing. Dari sisi arsitektur, desaian MVC menawarkan PLBWD yang memisahkan tanggung jawab dari tiap lapisan aplikasi dan kegunaulangan. Banyaknya platform untuk mengembangkan PLBWD, melahirkan kompleksitas dan biaya besar pada peringkat teknis. Para pemrogram memerlukan usaha besar untuk mengenali dan memahami teknologi, arsitektur, teknik, perilaku, lingkungan dari tiap platform. Pada penelitian ini dikembangkan pola umum PLBWD untuk meredam kompleksitas dari detail tiap platform, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pemrogram. Teknik analisis pola PLBWD pada tiap platform dilakukan dengan cara eksperimen pada beragam aplikasi yang sudah jadi. Hasil analisis direkam, dievaluasi secara iteratif, sehingga pola PLBWD akan terus berevolusi. Pada penelitian ini teknologi dari masing-masing platform yang diteliti : Java EE : JSF; .NET : .NET Framework; PHP : YII. Untuk menguji pola PLBWD, dikembangkan sebuah kakas generator. Kakas tersebut dapat membangkitkan kode program dengan mengimplementasikan pola PLBWD yang sudah dibuat. Pada penelitian ini, implementasi hanya dilakukan pada platform Java EE dengan mengunakan teknologi JSF.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burns, E. and Schalk. C., JavaServerFaces 2.0, New York: McGraw-Hill, 2009.

Caytiles. R. D., and Lee. S., "A Review of an MVC Framework based Software Development," International Journal of Software Engineering and Its Applications, vol. 8, pp. 213 - 220, 2014.

Jiang. Y., Cheng, Albert, Zou and Xingliang, "Schedulability Analysis for Real-Time P-FRP Tasks under Fixed Priority Scheduling," Embedded and Real-Time Computing Systems and Applications (RTCSA) IEEE, 2015.

Pressman. R. S., Software Engineering: A Practitioner Approach 7th Edition, New York: McGraw-Hill., 2012.

Hao. H. M., and Jaafar. A., "Tracing User Interface Design Pre-requirement to Generate Interface Design Specification," Electrical Engineering and Informatics, 2009, vol. 1, pp. 287 - 292, 2009.

Xia. C., Yu. G., and Tang. M., "Efficient Implement of ORM (Object/Relational Mapping) Use in J2EE Framework: Hibernate," Computational Intelligence and Software Engineering, 2009. CiSE 2009. International Conference on , pp. 1-3, 2009.

Downloads

Published

2017-09-28