Perancangan Kemasan Produk Keripik Belut UMKM “Sinar Sawah”

Authors

  • Brian Alvin Hananto Universitas Pelita Harapan
  • Medelyn Aurellia Universitas Pelita Harapan
  • Helena Calista Universitas Pelita Harapan
  • Stefanny Kusuma Universitas Pelita Harapan
  • Vanessa Leoni Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v23i2.4666

Keywords:

Kemasan, Keripik Belut, UMKM

Abstract

Keripik Belut “Sinar Sawah” adalah salah satu UMKM yang terkena dampak karena kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia. Dengan bekerjasama dengan Gambaranbrand, BRI, dan juga MNC, tim penulis membuat proposal desain kemasan baru untuk produk keripik belutnya dengan harapan dapat menginisiasi dan menginspirasi pengembangan usaha dari UMKM-UMKM, bukan hanya “Sinar Sawah”. Kegiatan dilakukan dengan mengikuti kerangka desain pra-desain, desain, dan pasca desain. Dari proses perancangan yang dilakukan, dihasilkan lima alternatif desain berdasarkan pemetaan positioning matrix, yang kemudian dipilih satu desain untuk difinalisasi. Desain final yang telah dirancang kemudian dipublikasikan dalam BRI Pesta Rakyat SIMPEDES pada tanggal 25 Juli 2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chiaravalle, B., & Schenck, B. F. (2007). Branding for Dummies. New Jersey: Wiley Publishing Inc.

Gunawan, A. (2020). Jika Ingin Lolos Resesi, UMKM Harus Melek Digital! Retrieved March 3, 2021, from CNBC Indonesia website: https://www.cnbcindonesia.com/news/20201126111412-4-204810/jika-ingin-lolos-resesi-umkm-harus-melek-digital/1

Hananto, B. A. (2020). Critical of Design Methodology as Design Education. International Conference on Multimedia, Architecture and Design, 1(October), 234–239. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/imade/article/view/370

Iskandar, B. (2018). Resep Bikin Cemilan Keripik Belut, Kudapan Renyah yang Nagih Banget. Retrieved July 24, 2021, from idntimes.com website: https://www.idntimes.com/food/recipe/badri33/resep-bikin-camilan-keripik-belut-camilan-renyah-yang-nagih-banget-c1c2-1/1

Karjaluoto, E. (2013). The Design Method: A Philosophy and Process for Functional Visual Communication. San Francisco: New Riders Publishing.

Landa, R. (2011). Graphic Design Solutions (4th ed.). Boston: Wadsworth Cengage Learning.

Martin, B., & Hanington, B. (2012). Universal Methods of Design: 100 Ways to Research Complex Problems, Develop Innovative Ideas, and Design Effective Solutions. Massachusetts: Rockport Publisher.

Peluang Usaha Keripik Belut dan Analisa Usahanya. (n.d.). Retrieved July 24, 2021, from Tokomesin.com website: https://www.tokomesin.com/peluang-usaha-keripik-belut-dan-analisa-usahanya.html

S., D. G. B., Natanael, F., Limanuel, F., Enrico, I. J., Maliki, L., Ginting, M. L., & Valentino, T. (2021). Digital Marketing Calender untuk Bisnis Kuliner: Pendampingan Social Media Instagram @IniDapurMakwaw untuk Keberlangsungan di Era New Normal. Akal: Jurnal Abdimas Dan Kearifan Lokal, 2(1), 38–61.

Safitri, F. N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Retrieved March 3, 2021, from Kumparan.Com website: https://kumparan.com/faridanursafitri19/dampak-covid-19-terhadap-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-di-indonesia-1urxzc2LBXH/full

Syamsudin, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Retrieved March 3, 2021, from nu.or.id website: https://www.nu.or.id/post/read/123247/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-umkm-di-indonesia

Tiffany, & Hananto, B. A. (2020). Peran Desain Identitas Visual dan Kemasan untuk Brand Tulaboocha. Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA) 2020, 3, 113–118. Retrieved from https://eprosiding.std-bali.ac.id/index.php/senada/article/view/275/189

Wahid, S. (2020). Keripik Belut, Kuliner Renyah dan Gurih yang Bisa Jadi Oleh-oleh Saat Liburan ke Jogja. Retrieved July 24, 2021, from Travel.tribunnews.com website: https://travel.tribunnews.com/2020/01/19/keripik-belut-kuliner-renyah-dan-gurih-yang-bisa-jadi-oleh-oleh-saat-liburan-ke-jogja

What is a Positioning Matrix. (2021). Retrieved July 24, 2021, from Everythingwhat.com website: https://everythingwhat.com/what-is-a-positioning-matrix

Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity (3rd Ed.). New Jersey: John Wiley & Sons.

Zulkarnain, A., Laurencia, J., & Melini, E. (2021). Pengembagan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Komunitas Sekolah Darussalam, Kelurahan Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Tangerang. Akal: Jurnal Abdimas Dan Kearifan Lokal, 2(1), 62–73.

Downloads

Published

2021-11-09