Analisis Dampak Penerapan Sistem Proteksi Plugging pada Chute Conveyor Berbasis PLC di PLTU Tenayan

Authors

  • Retno Tri Wahyuni Politeknik Caltex Riau
  • Zulkifli Zulkifli Politeknik Caltex Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v24i1.4623

Keywords:

Coal handling, Plugging, pemeliharaan, operasi

Abstract

Sistem coal handling memegang peranan sebagai sistem yang mensuplai batu bara untuk PLTU Tenayan dengan SLA (Service Level Agreement) 40 jam waktu bongkar tiap shipment. Permasalahan yang sering terjadi pada saat pembongkaran batu bara adalah tumpahnya batu bara di jalur bongkar karena penumpukan dan batu bara dengan dimensi besar mengganggu performa peralatan lain. Untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi operasi dalam sistem coal handling akan dilengkapi dengan sistem proteksi plugging, yang akan dipasang di chute conveyor. Sistem ini bekerja berdasarkan prinsip kemampatan dimensi, dengan menggunakan feedback dari sensor limit switch yang mengirimkan sinyal ke PLC sebagai controller yang kemudian akan menonaktifkan motor conveyor. Sebelum proteksi ini digunakan waktu bongkar defisit -21% dari target maksimal 40 jam, dan setelah proteksi ini digunakan rata-rata waktu bongkar 4 bulan terakhir adalah 95%, surplus 5% dari waktu 40 jam. Dari data pemeliharaan terukur sebelum proteksi plugging digunakan persentase pemeliharaan CM = 56% dan setelah proteksi plugging digunakan persentase pemeliharaan CM = 44%, terukur penurunan pemeliharaan CM adalah 12%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, T., Oktarina, Y, Mulyati, and Erlisa, E. (2019). Sistem Overflow Sebagai Pengaman Pada Belt Conveyor di BWE 204 Tambang Air Jaya (TAL) PT. Bukit Asam, Tbk. Annual Research Seminar, 5(1), 17-23.

Ikhfan, M. (2014). Dasar Pengoperasian PLTU. B.1.1.1.077.3.M.EL, vol. 1, p. 22, 2014

Ojha, S. (2015). Coal Handling System-Its Performance Monitoring & Suggestive Measures For Improvements. E-thesis India: National Institute Of Technology Rourkela.

Pratiwi, I.I., Sulistiyanto, Bachrudin, M. (2019). Penambahan Seal Air Pada Sensor Chuteplug dan Discharge Coal Feeder. JEECOM, 1(1), 33-38

Sukardi. (2010). INTERLOCK & PROTEKSI, Surabaya: PJB Academy.

Downloads

Published

2022-06-28