Manufaktur Bilah Horizontal Axis Wind Turbine (HAWT) Tipe Taperless Menggunakan Airfoil S3024 dengan Daya 500 WATT di PT. Lentera Bumi Nusantara

Authors

  • M. Dandi Nursidik Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iwan Nugraha Gusniar Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Viktor Naubnome Universitas Singaperbangsa Karawang
  • O Oleh Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v23i2.4405

Keywords:

Bilah, Taperless, S3024, Turbin Angin

Abstract

Energi angin merupakan salah satu sumber energi alternatif terbarukan yang ramah lingkungan. Seperti di Indonesia angin sangat berpotensial untuk dimanfaatkan, mengingat  ketersediaan bahan bakar fosil yang terus semakin menipis. Untuk mengonversi energi angin menjadi energi listrik membutuhkan sebuah teknologi yang bernama turbin angin atau yang sering disebut kincir angin. Turbin angin memiliki tipe ada yang horisontal dan vertikal. Salah satu jenis turbin angin yang memiliki effisiensi Cp cukup tinggi adalah turbin angin tipe 3 blade propeller yaitu mendekati 45%. Semakin tinggi effisiensi suatu turbin maka semakin bagus dan  maksimal juga dalam melakukan pengkonversi energi angin.sehingga ada kemungkinan pengembangan teknologi agar menghasilkan energi listrik yang optimal.Oleh sebab itu pada penelitian ini di lakukanlah manufaktur bilah dengan airfoil S3024 bilah berjenis taperless untuk turbin angin HAWT (Horizontal Axis Wind Turbin). Penelitian ini di lakukan dalam 3 tahap. Tahap yang pertama adalah perancangan, pada tahap ini penulis mengumpulkan data data hasil perancangan seperti data hasil akhir perhitungan, hasil simulasi kemudian melakuan perancangan desain 3D dan 2D. Kedua melakuan pemilihan material yang akan di gunakan untuk turbin angin. Tahap ketuga yaitu melakukan proses manufaktur bilah. Hasil manufaktur bilah taperless dengan airfoil S3024 untuk Turbin angin HAWT (Horizontal Axis Wind Turbin) bahan yang digunakan adalah kayu mahoni kemudian di dapat panjang jari-jari 0.8 m, chord linear dari 0,12 m, sudut puntir 10.270 – 5,370.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indonesia Energy Outlook. 2018. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Jakarta

Zahra, I. N. 2016, Dasar-Dasar Perancangan Bilah, Lentera Bumi Nusantara, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Tim Lentera Angin Nusantara. 2014. Pengenalan Teknologi Pemanfaatan Energi Angin. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dahlan, B. 2016, Rancang Bangun Baling-Baling Kincir Angin Menggunakan Naca 4412 Dan 4415 Dari Bahan Kayu Mahoni (Swietenia Macrophylla) Dan Pinus (Pinus Merkusii), Tesis – Sf 092006 Program Magister Bidang Keahlian Fisika Instrumentasi Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Madi. 2016. Studi Perancangan Horizontal Axis Wind Turbine Dengan Perbedaan Desain Air Foil Pada Bilah Jenis Tapper Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Laut Di Pantai Ciheras, Pt Lentera Angin Nusantara. Surabaya.

Piggott, H., & Blow, J. 2011. Windpower Workshop: Building Your Own Wind Turbine. Centre for Alternative Technology.

Downloads

Published

2021-11-09