Penerapan Metode Waterfall Pada Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android Pada Paud Nabata

Authors

  • R Hadapiningradja Kusumodestoni Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Buang Budi Wahono Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v24i1.4402

Keywords:

Android, Huruf Hijaiyah, Interaktif, Multimedia, RAD

Abstract

Teknologi smartphone tidak hanya dapat digunakan oleh orang dewasa saja, akan tetapi anak usia dini pun layak diperkenalkan pada teknologi smartphone. Pendidikan anak pada usia dini diperlukan karena pada tahap tersebut sistem pembelajaran akan mempengaruhi tingkah laku dan pola berfikir anak. PAUD Nabata dalam hal pembelajaran mengenalkan huruf hijaiyah masih menggunakan media seperti buku, papan tulis, poster. Dengan pembelajaran tersebut kurang begitu menarik dan anak mudah cepat bosan. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan aplikasi pengenalan huruf hijaiyah berbasis android menggunakan metode waterfall yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang baru pada PAUD Nabata, sehingga anak lebih semangat dalam belajar mengenal huruf hijaiyah dan tidak cepat bosan. Penelitian ini penulis membuat aplikasi pembelajaran yang berisikan pengetahuan dasar tentang huruf hijaiyah disertai dengan suara pengucapannya, dan keterangan bacaan sesuai harakatnya. Untuk hasil pengujian aplikasi telah melalui uji dari 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 30 angket responden yang telah disebarkan dan menghasilkan, dari ahli media 100%, ahli materi 100%, dan angket responden 88.2%. Kesimpulan dari pengujian aplikasi Belajar Huruf Hijaiyah dapat dikatakan sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amal W., R. (2015). Learning Android Google Maps. Packt Publishing Amal W., R. (2015). Learning Android Google Maps. Packt Publishing Chandra, C. (2011). 7 Jam Belajar Interaktif CorelDRAW X5 Untuk Orang Awam, Penerbit: Maxikom.

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangan. Penerbit: Andi

Faroqi, A. & Maula, B. (2014) Aplikasi Multimedi Interaktif Pembalajaran Membaca, Menulis, Berhitung (CALISTUNG). Jurnal Istek, 8(2).

Fikri, I. A., Herumurti, D., & Rahman H., R. (2016). Aplikasi Navigasi Berbasis Perangkat Bergerak dengan Menggunakan Platform Wikitude untuk Studi Kasus Lingkungan ITS. Jurnal Teknik ITS, 5(1): A48-A51

Hakim S., R. & Sutarto. (2009). Konsep Pemograman Java dan Penerapannya Untuk Membuat Software Aplikasi. Jakarta: PT Elek Media Komputindo Wijaya, A.J. (2014). Pembuatan Game Huruf Hijaiyah Menggunakan Adobe Flash CS3 Untuk Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. Naskah Publikasi Skripsi. Universitas Surakarta

Hermawan S., S. (2011). Mudah Membuat Aplikasi Android. Penerbit: ANDI Yogyakarta, 2011.

Husaini, F. (2013). "Pembuatan Media Edukasi Ayo Bermain Huruf Hijaiyah Pada TPA An-Nur Daleman. Seruni 2013, Seminar Riset Unggulan Nasional Informatikan dan Komputer.

Jannah, M. N. & Hakim, F. N. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Huruf Hijaiyah Berbasis Android (Studi Kasus : Taman Baca Al Quran Raziev Reinezhwa Banjarmasin Kalimantan Selatan). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 6(2): 53-59

Nofriadi, N. (2018). Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Penerbit: Deepublish.

Noor, M. & Lutviani, R. M. (2016). Aplikasi Pintar Membaca Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Sains & Informasi, 2(2): 97-106

Ramansyah, W. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Tema Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic, 3(1): 28-37

Safaat H., Nazruddin. (2015). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Penerbit: Informatika Bandung.

Santi I.T & Sukadi, S. (2014) Pembuatan Game Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Taman Kanak-Kanak (TK) Az-Zalfa Sidoharjo Pacitan. Journal Speed, 6(2): 7-11

Downloads

Published

2022-06-24