TINGKAT PENCEMARAN UDARA CO AKIBAT LALU LINTAS DENGAN MODEL PREDIKSI UDARA SKALA MIKRO DI JALAN SUDIRMAN JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.23969/infomatek.v23i1.4016Keywords:
pencemaran udara, karbon monoksida, pencemar sumber garisAbstract
Lalu lintas kendaraan merupakan salah satu sumber pencemaran udara pada suatu kota. Jakarta sebagai ibukota Indonesia berpotensi memiliki kualitas udara yang buruk akibat kegiatan lalu lintas ini. Karbon monoksida (CO) terbentuk pada pembakaran mesin kendaraan berbahan bakar minyak yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Jalan Sudirman adalah lokasi di Kota Jakarta dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh tingkat pencemaran udara dengan parameter CO hasil pemodelan prediksi pada lokasi Jalan Sudirman Jakarta tersebut. Model yang digunakan adalah model prediksi skala mikro. Sampling dilakukan untuk mengukur konsentrasi CO pada 3 kondisi kepadatan yaitu hari kerja penuh, setengah hari kerja dan hari libur. Tiap hari sampling, pengukuran dilaksanakan 3 kali untuk mewakili kondisi jam puncak di pagi hari, siang dan sore hari. Hasil penelitian dan perhitungan memperlihatkan bahwa prediksi konsentrasi CO yang dihasilkan oleh kendaraan dengan pemodelan berada diantara 5364 ppm hingga 12469 ppm. Konsentrasi CO paling tinggi terprediksi pada hari Senin sore, sedangkan paling rendah terhitung pada hari Sabtu pagi. Secara umum, hasil prediksi menunjukkan bahwa konsentrasi CO di ruas Jalan Sudirman Jakarta masih memenuhi baku mutu.Downloads
References
Hasbiah, A.W., Mulyatna, L., Musaddad, F. 2016. Studi Identifikasi Pencemaran Udara Oleh Timbal (Pb) Pada Area Parkir (Studi Kasus Kampus Universitas Pasundan Bandung). Jurnal Infomatek, Vol. 18(1), pp. 49-56.
Fahmi, M. I., Mawardi, W. H, 2007. Analisis Tingkat Kebutuhan Bis Sekolah di Kota Semarang (studi kasus: SMU Ksatrian / SMP 1 Ksatrian, SMPN 3 Semarang, SMPN 32 Semarang, SD Santo Yusuf, dan SMA Sedes Sapientiae / SMP Maria Mediatrix) http://eprints.undip. ac.id/34218/, diakses 7 Februari 2020
BPS DKI Jakarta, 2019, Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Provinsi dan Jenis.
Maryanto, D., 2009 Penurunan Kadar Emisi Gas Buang Karbon Monoksida (CO) dengan Penambahan Arang Aktif pada Kendaraan Bermotor di Yogyakarta, Jurnal KES MAS, Vol. 3, No. 3, 162-232, Yogyakarta
Hoesodo, D., 2004, Permodelan Pencemaran Udara Akibat Lalu Lintas di Jalan Arteri (Studi Kasus Ruas Jalan Soekarno-Hatta di KotaBandung), Tesis, Univeritas Diponegoro, Semarang
Permatasari A.A.I. 2014. Analisis Pemetaan Kualitas Udara Ambien Menggunakan Perangkat Lunak ARCGIS 10 dan Model Dispersi Gauss (Studi Kasus Kawasan Bukin Semarang Baru Kecamatan Mijen, Kota Semarang), Tesis, Semarang. http://eprints.undip.ac.id/43667 /3/BAB_II.pdf diakses 2 Oktober 2020
Tjasyono, B. H. K., 2009, Meteorologi Indonesia Volume I, BMKG, Jakarta. https://staklimjogja.files.wordpress.com/2017/02/meteo-indonesia-i.pdf diakses: 2 Oktober 2020
Chapman, H. L., 2017, Performance Test of the Pasquill Stability Classification Scheme, thesis, Milwaukee: University of Winsconsin Milwaukee.
Departemen Pekerjaan Umum, 1999, Tata Cara Prediksi Polusi Udara Skala Mikro Akibat Lalu Lintas, Mediatama Saptakarya, Jakarta
Cooper, D dan Alley, F. 1994. Air Pollution Control. A Design Approach. Secound Edition. Waveland press Inc. USA.
Wahyuni, S., Yustiani, Y.M., Juliandahri, A. 2019. Analisis Tingkat Kebisingan Lalu Lintas di Jalan Cihampelas dan Jalan Sukajadi Kota Bandung. Journal of Community Based Environmental Engineering and Management. Vol. 2(1), pp. 9-12.
Indria, Ali, M. 2015. Pengaruh Program Car Free Day terhadap Penurunan Beban Pencemar CO dan NO2. Envirotek Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan. Vol. 7(2), pp. 68-74.
Fu’adah, L.N., Ariyanto, A.D.P., Samsuri, H.H., Nugraheni, I.R. 2018. Kajian Indeks Stabilitas Atmosfer terhadap Kejadian Hujan Lebat di Wilayah Bogor. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsnfa/article/view/28538, diakses Mei 2021.