PENENTUAN DOSIS OPTIMUM NATRIUM HIPOKLORIT PADA PROSES KLORINASI INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH PERUSAHAAN FARMASI

Authors

  • Purnomosutji Dyah Prinajati Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v23i1.3997

Keywords:

instalasi pengolahan air limbah, jartest, klorinasi, klorin bebas

Abstract

Perusahaan farmasi yang turut andil dalam menjaga lingkungan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Pengembangan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) pun terus dilakukan oleh Perusahaan Farmasi, agar selalu dapat  memenuhi  baku  mutu  yang ditetapkan oleh Pemerintah. Oleh Karena itu, dibangun unit klorinasi dengan menambahkan bahan kimia klorin pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) pada Perusahaan Farmasi. Namun, apabila penggunaan klorin pada unit klorinasi tidak tepat maka akan menimbulkan dampak bagi lingkungan. Karena hal tersebut, dilakukan penelitian penentuan dosis optimum klorin pada unit klorinasi untuk mendapatkan dosis optimum klorin dari nilai bebas klorin yang tidak melebihi baku mutu klorin bebas dalam air limbah. Penentuan konsentrasi dosis optimum klorin dilakukan dengan metode Jartest. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan maka ditetapkan konsentrasi dosis optimum klorin yang ditambahkan pada unit klorinasi pada Perusahaan Farmasi ini sebesar 6 mg/L.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Crisnaningtyas, F., Vistanty, H. 2016. Pengolahan Limbah Cair Industri Farmasi Formulasi dengan Metode Anaerob-Koagulasi, Jurnal Riset Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri, Vol. 7 No. 1, pp. 13-22.

Yustiani, Y.M. 2016. Determination of Deoxygenation Rate of Rivers Located in the Urban Areas to Characterize the Pollutants, Pollution Research, 35 (3), pp. 475-481.

Yustiani, Y.M., Lidya, L., Matsumoto, T. Rachman, I., Komariah, I. 2017. Formulation of the Integrated Information System of River Water Quality in the Cikapundung River, Bandung, Indonesia, International Journal of Engineering and Technology, Vol. 9 (1), pp. 137-142.

Meirdana, S., Utomo, S. 2021. Studi kasus evaluasi penaatan aspek pengolahan limbah cair industri farmasi. Jurnal Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan, Journal of Environmental Sustainability Management, Vol. 4(3), pp. 592-603.

Downloads

Published

2021-05-25