SIMULASI CFD ANALISA PENAMBAHAN TEMPERATUR PADA PEMBAKARAN OXY-FUEL BOILER DENGAN BAHAN BAKAR GAS ALAM

Authors

  • Ihsan Budiman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Reza Setiawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Oleh . Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v23i1.3415

Keywords:

Boiler, Computational Fluid Dynamic, Oxy-Fuel, Gas Alam

Abstract

Sumber terbesar yang menghasilkan emisi Karbon Dioksida (CO2) dipercaya berasal dari pembangkit daya yang menggunakan bahan bakar fosil. Efek rumah kaca dan pemanasan global, merupakan dampak yang dihasilkan oleh emisi CO2. Berikut adalah beberapa teknologi yang berfungsi untuk menangkap CO­2 pada industri utilitas. Dalam hal ini teknologi penangkapan gas karbon diantaranya ­pre-combustion, post-combustion, dan oxy-fuel combustion. Hanya saja ada keterbatasan pengalaman dalam penggunaan oxy-fuel dalam pembakaran gas alam dan batu bara pada dunia industri, untuk itu digunakan metode numerik seperti Computational Fluid Dynamics (CFD) dalam membantu menyelesaikan tantangan teknis seperti perpindahan panas didalam Boiler. Berdasarkan hasil simulasi didapat temperatur maksimum pada pembakaran konvensional sebesar 1860 celcius sementara pada pembakaran oxy-fuel sebesar 2840 celcius. Dengan ini maka dapat disimpulkan pembakaran oxy-fuel selain mengurangi emisi gas CO2 juga menghasilkan temperatur yang lebih tinggi untuk dimanfaatkan dalam pembuatan steam pada Boiler.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibrahim B. Mansir., Rached Ben-Mansour., Mohamed A. Habib., “ Oxy-fuel Combustion in a Two-pass Oxygen Transport Reactor for Fire Tube Boiler Application, 2018.

A. Pranzitelli., S. Black., J. Szuhanszki., L. Ma., P.J. Stranger., D.B. Ingham., M. Pourkashanian., “ Effect of Firing Coal and Biomass Under Oxy-fuel Condition in a Power Plant Boiler Using CFD Modelling, 2013.

Downloads

Published

2021-05-25