ANALISA PENGARUH KETEBALAN PADA KAMPUH BILAH GANDA DAN DIAMETER RIVET TERHADAP KEKUATAN SAMBUNGAN PADA BEBAN AKSIAL

Authors

  • Wahyudi Wahyudi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aa Santosa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Oleh Oleh Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v22i2.3344

Keywords:

Sambungan, Rivet, Beam, Bilah Ganda, Kampuh

Abstract

Penyambungan dengan menggunakan kampuh bilah ganda dan baut atau rivet umumnya digunakan pada plat utama yang mempunyai beban yang besar. Kerusakan yang terjadi pada kampuh bilah ganda terjadi pada plat sambungan atau rivet karena adanya gaya eksternal berupa tarikan. Tegangan yang terjadi akan mermbat pada lubang plat atau rivet yang memiliki perubahan geometri. Telah dilakukan sebuah penelitian untuk mengetahui sifat mekanik material pelat yang dikenai gaya tarik sebesar 25 KN dengan arah horisontal, Material uji yang akan disimulasikan adalah material structural st 37 dengan kekuatan tarik luluh 362 MPa untuk material plat atau kampuh penyambung. Materil rivet menggunakan st 30 dengan kekutan tarik sebesar 290 MPa dan untuk materil plat utama menggunakan AISI 1045 C dengan kekuatan tarik sebesar 450 Mpa. Simulasi ini menggunakan Software Ansys. Untuk ukuran Diameter rivet yang digunakan dalam simulasi ini adalah ada 3 jenis yaitu Dr = 12 mm, 14 mm dan 16 mm sedangkan untuk tebal kampuh tp = 6 mm, 8 mm dan 10 mm. Tegangan maksimum yang terjadi pada kampuh atau rivet lebih kecil dibandingkan dengan tegangan yang terjadi pada plat utama. Sehingga kemungkinan terjadi kegagalan lebih besar pada plat utama. Untuk rivet yang dengan ukuran diameter 12 mm dan ketebalan kampuh 6 mm tegangan maksimum yang terjai masih dibawah tegangan plat utama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pinem, D. Analisis Struktur dengan Metode Elemen Hingga, 2010, Rekayasa Sains Bandung.

Servi, D. Aplikasi Metode Elemen Hingga Pada Struktur Batang, Jurnal Ilmiah Media Engineering, Vol 1, No.2. 2011. Universitas Samratulangi.

Kannapan, S. 1986. Instroduction to Pipe Stress Analysis. Jhon Wiley And Sons, Inc., U.S.A.

https://www.autodesk.com/products/ fA nsys/students-teachers-educators, diakses September 2020

Kalpakjan, 1995. Manufakturing Engineering ang Technologi, edisi ke-3. Addison-wesley Publishing Company. United States of Amaerica

Partono, W. Optimasi Distribusi Lubang pada Baja Kastella, 2018, Jurnal Teknik Undip, Semarang.

Published

2020-11-17