MERANCANG ALAT BANTU MELEPAS, MENGANGKAT, MELETAKKAN DAN MEMASANG TROMOL REM PADA PROSES OVERHOUL SERVICE KENDARAAN MEREK HINO TIPE BUS DAN TRUK BESAR

  • Ragil Pardiyono Universitas Jenderal Achmad Yani Bandung
  • Rifan Saputra Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Jahny Sastradiharja Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  merancang alat bantu mengurangi potensi sakit akibat kerja pada proses overhoul service penggantian kanvas rem kendaraan tipe bus dan truk besar. Metode perancangan alat bantu yang digunakan adalah metode rasional. Komponen alat bantu  terpilih berdasarkan metode rasional diantaranya bentuk penampang adalah alas penampang berada di sisi kiri dan kanan dengan pelindung berada di sisi kiri dan kanan alas penampang. Bentuk rangka adalah bentuk kotak sebagai komponen rangka. Material penampang adalah baja karbon sedang. Bentuk pegangan tangan adalah elbow. Material bearing penampang adalah besi cor. Bentuk bearing penampang adalah ball bearing. Material rangka adalah besi hollow galvalume. Material baut roda adalah baja. Bentuk pengungkit adalah katrol. Bentuk baut pengungkit adalah baut hexagonal. Dimensi penampang adalah 50 cm. Material pegangan tangan adalah stainless steel. Bentuk roda adalah dengan alas menggunakan besi. Material roda adalah besi. Material baut pengungkit baja. Bentuk baut roda adalalah baut hexagonal. Spesifikasi dimensi alat bantu mempunyai tinggi 170,05 cm, lebar 43,11 cm, tinggi pegangan tangan 134,375cm, panjang penampang 50cm. Alat bantu usulan dapat perubahan postur tubuh mekanik pada aktifitas melepas dan memasang  pada level 1 yang menunjukkan aktifitas tersebut aman bagi operator.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 17, 2020
How to Cite
PARDIYONO, Ragil; SAPUTRA, Rifan; SASTRADIHARJA, Jahny. MERANCANG ALAT BANTU MELEPAS, MENGANGKAT, MELETAKKAN DAN MEMASANG TROMOL REM PADA PROSES OVERHOUL SERVICE KENDARAAN MEREK HINO TIPE BUS DAN TRUK BESAR. INFOMATEK: Jurnal Informatika, Manajemen dan Teknologi, [S.l.], v. 22, n. 2, p. 77 - 88, nov. 2020. ISSN 2614-7807. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/infomatek/article/view/3341>. Date accessed: 23 jan. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.23969/infomatek.v22i2.3341.