ANALISIS PENGARUH PEMASANGAN MUFFLER PADA MESIN PESAWAT TANPA AWAK LSU 02 TERHADAP TINGKAT KEBISINGAN

Authors

  • Evi Sofia Universitas Nurtanio
  • Ilham Achmal Hakiki Universitas Nurtanio

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v22i2.3304

Keywords:

CFD, Kebisingan, Muffler, Pesawat Tanpa Awak

Abstract

LSU-02 merupakan pesawat tanpa awak yang dikembangkan oleh Pustekbang LAPAN dan mulanya akan menggunakan mesin 3W28i. Namun karena mesin 3W-28i memiliki muffler yang panjang, maka dalam penelitian ini akan dilakukan modifikasi dengan memvariasikan panjang dan diameter muffler. Selanjutnya dilakukan simulasi untuk mengetahui pengurangan tingkat kebisingan yang dihasilkan. Proses simulasi menggunakan metode computational fluid dynamic (CFD) dengan menggunakan perangkat lunak ANSYS Harmonic Acoustic. Dari hasil simulasi diperoleh kesimpulan jika semakin besar diameter muffler (80 mm) memberi kontribusi yang lebih baik dalam mengurang tingkat kebisingan sebesar 21.587 dB. Kemudian pengaruh panjang muffler terhadap pengurangan kebisingan tidak terlalu besar, karena selisih pengurangan kebisingan hanya sebesar 0,658 dB. Sehingga disarankan untuk menggunakan muffler model 5 dengan diameter 80 mm dan panjang 130 mm untuk dipasangkan pada mesin 3W-28i karena memiliki ukuran yang lebih kecil namun mampu mengurangi kebisingan hingga 20,929 dB.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bintoro, A. and S. Gunawan, Penelitian dan Kajian Teknologi Pesawat Terbang. Jakarta: Indonesia Book Project (IBP), 2013.

Hidup, K.N.L., Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 48 Tahun 1996 Tentang: Baku Tingkat Kebisingan. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup, 1996(48).

Patel, S.K.P.B., Effect of Length on Sound Reduction of the Expansion Type Muffler by Experiment and Flow Simulation.

Harahap, R.O., Studi Eksperimental Reduksi Kebisingan Menggunakan Reactive Muffler pada Pesawat Tanpa Awak NVC USU. 2017.

Liu, L.-y., Z.-y. Hao, and C. Liu, CFD analysis of a transfer matrix of exhaust muffler with mean flow and prediction of exhaust noise. Journal of Zhejiang University SCIENCE A, 2012. 13(9): p. 709-716.

Wu, T. and G. Wan, Muffler performance studies using a direct mixed-body boundary element method and a three-point method for evaluating transmission loss. 1996.

Kore, S., A. Aman, and E. Direbsa, Performance evaluation of a reactive muffler using CFD. Zede Journal, 2011. 28: p. 83-89.

Ji, Z., Acoustic attenuation performance analysis of multi-chamber reactive silencers. Journal of sound and vibration, 2005. 283(1-2): p. 459-466.

Milad, E.M. and M. Jolgaf, Acoustic Analysis of a Perforated-pipe Muffler Using ANSYS.

Middelberg, J., et al. Computational fluid dynamics analysis of the acoustic performance of various simple expansion chamber mufflers. in Proceedings of Acoustics. 2004.

Published

2020-11-16