Evaluasi Usability pada Aplikasi XYZ dengan Metode Learnability Analysis, Retrospective Think Aloud, dan Heuristic Evaluation
DOI:
https://doi.org/10.23969/infomatek.v27i1.24320Keywords:
Usability Testing, Learnability Analysis, Retrospective Think Aloud, Heuristic EvaluationAbstract
Penelitian ini mengevaluasi usability aplikasi XYZ menggunakan metode Learnability Testing, Retrospective Think Aloud (RTA), dan Heuristic Evaluation (HE). Skor System Usability Scale (SUS) sebesar 64.27 menunjukkan aplikasi berada dalam kategori "marginal". Hasil testing mengungkap tingkat keberhasilan rata-rata pengguna sebesar 84%, dengan tugas seperti "Membeli Pulsa" hanya mencapai 60% keberhasilan. Analisis RTA mengidentifikasi masalah seperti inkonsistensi desain ikon dan kurangnya tutorial, sementara HE menunjukkan kelemahan pada User Control and Freedom (skor 1.68) dan Consistency and Standards (skor 2). Redesign UI XYZ difokuskan pada perbaikan inkonsistensi desain dan penempatan ikon untuk meningkatkan learnability dan kepuasan pengguna. Penelitian ini menekankan pentingnya konsistensi desain dan kontrol pengguna dalam meningkatkan usability aplikasi fintech.Downloads
References
Asroni, O., Pio Pratama, I. W., Eka Sudarsana, I. P., Kurnia Peong, H., & Innuddin, M. (2024). Penerapan Usability Testing Dengan Menggunakan Metode Retrospective Think Aloud Untuk Pengukuran Tingkat Kebergunaan Aplikasi Wisata Labuan Bajo. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(2), 2130–2137. https://doi.org/10.36040/jati.v8i2.9409
Budiu, R., & Moran, K. (2021, July 25). How Many Participants for Quantitative Usability Studies: A Summary of Sample-Size Recommendations. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/summary-quant-sample-sizes/
Candiasa, I. M., Gunadi, I. G. A., & Putra, I. N. W. S. (2023). UX Evaluation Using Firstclick, Performance Measurement, RTA, And Questionnaire On E-Commerce Website. Sinkron, 8(1), 451–460. https://doi.org/10.33395/sinkron.v8i1.12037
Fu, L., Salvendy, G., & Turley, L. (2002). Effectiveness of user testing and heuristic evaluation as a function of performance classification. Behaviour and Information Technology, 21(2), 137–143. https://doi.org/10.1080/02699050110113688
Jaspers, M. W. M. (2009). A comparison of usability methods for testing interactive health technologies: Methodological aspects and empirical evidence. International Journal of Medical Informatics, 78(5), 340–353. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2008.10.002
Jimenez, C., Lozada, P., & Rosas, P. (2016). Usability heuristics: A systematic review. 2016 IEEE 11th Colombian Computing Conference, CCC 2016 - Conference Proceedings. https://doi.org/10.1109/ColumbianCC.2016.7750805
Kusumah, R. H. F. K., & Rahmatulloh, A. (2024). Analisis Perbandingan Metode Think-Aloud, Evaluasi Heuristik dan Cognitive Walkthrough untuk Evaluasi Usability pada Aplikasi Simpeda. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 12(2), 287–291. https://doi.org/10.26418/justin.v12i2.74309
Lanius, C., Weber, R., & Robinson, J. (2021). User Experience Methods in Research and Practice. Journal of Technical Writing and Communication, 51(4), 350–379. https://doi.org/10.1177/00472816211044499
Nielsen, J. (2000, March 18). Why You Only Need to Test with 5 Users. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/
Sara, C. D., & Nurwulan, N. R. (2021). Comparative Usability Evaluation of Novice and Expert Gojek Users. ACM International Conference Proceeding Series, 16–22. https://doi.org/10.1145/3479645.3479650
Yuliyana, T., Arthana, I. K. R., & Agustini, K. (2019). Usability Testing pada Aplikasi POTWIS. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 8(1), 12. https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v8i1.12081