PEMETAAN KEBISINGAN DI RUANG DEPARTEMEN SPARE PART DAN DEPARTEMEN LAS MENGGUNAKAN APLIKASI SURFER

Authors

  • Lili Mulyatna Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pasundan
  • Yonik Meilawati Yustiani Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Ari Rizky Darmawan Fakultas Teknik - Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v21i2.1983

Keywords:

Industri Suku Cadang, Kebisingan, Pemetaan

Abstract

PT. SA adalah industri penyedia suku cadang (spare part) dan rekayasa mesin produksi. Proses produksi pabrik ini berpotensi menimbulkan kebisingan yang dapat menurunkan tingkat kenyamanan bahkan kesehatan responden yang berada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kebisinganyang terjadi di ruang Departemen Spare Part dan Departemen Las industri tersebut. Pemetaan dilakukan dari hasil pengukuran ini. Dengan pemetaan yang diperoleh, maka penanggulangan dapat dilakukan sesuai dengan lokasi yang telah terpetakan memiliki kebisingan melewati baku mutu. Pengukuran tingkat kebisingan dilakukan dengan menggunakan alat Sound Level Meter. Pengukuran dilakukan berdasarkan SNI 7231:2009, yaitu selama 10 menit pada setiap titik dan data yang diperoleh adalah data tingkat kebisingan. Pembuatan peta kebisingan dalam ruang Spare Part dan Las tersebut dilakukan aplikasi Surfer versi 11. Pengukuran menunjukkan bahwa tingkat kebisingan yang tertinggi terjadi pada unit Departemen Spare Part. Nilai kebisingan yang terjadi yaitu 95,4 dB. Sedangkan pada Departemen Las mempunyai tingkat kebisingan terendah sebesar 90,9 dB. Beberapa faktor lain di luar suara mesin juga mempengaruhi kebisingan, baik berasal dari alat transportasi, suara manusia dan aktivitas penyelesaian barang menggunakan alat pemukul.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wahyuni, S., Yustiani, Y., Juliandahri, A. “Analisis Tingkat Kebisingan Lalu Lintas di Jalan Cihampelas dan Jalan Sukajadi Kota Bandung,” Journal of Community Based Environmental Engineering and Management, vol. 2, no.1, pp. 9-12, 2018.

Khairai, K.M., Salleh, N.S., Yusoff, A.R. “Occupational Noise Reduction in CNC Stripping Process,” IOP Conference Series, Materials Science and Engineering, 319, 012034, 2018.

Mohammadizadeh, M., Ahmadi, S.H., Sekhavati, E., Ahani-Jegar, K. “Noise Pollution Effect in Flour Factory on Workers’ Hearing in Lamerd City,” Journal of Medicine and Life, vol. 8, special issue 3, pp. 208-211, 2015.

Mulyatna, L., Rusmaya, D., Baehaki, D. “Hubungan Kebisingan dengan Persepsi Masyarakat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit kelas A, Kelas B, dan Kelas C di Kota Bandung,” Journal of Community Based Environmental Engineering and Management, vol. 1, no. 1, pp. 25-31, 2017.

Zulfiar, F. “Analisis Variasi Roda Gerinda terhadap Tingkat Kebisingan Mesin Gerinda Sudut Maktec MT 90 pada Hasil Pengelasan 1 G,” Jurnal Teknik Mesin, vol. 4, no. 1, pp. 1-8, 2015.

Setyaningrum, I., Widjasena, B., Suroto. “Analisa Pengendalian Kebisingan Pada Penggerindaan Di Area Fabrikasi Perusahaan Pertambangan,” Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 2, No 4. 2014

Downloads

Published

2019-11-16