RANCANG BANGUN PEMANAS AIR (HEATER) DENGAN MENGGUNAKAN BATERAI BERBASIS ARDUINO PRO MINI

Authors

  • Oleh . Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik – Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iman Dirja Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik – Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v21i2.1981

Keywords:

Pemanas Air, Microcontroller, Arduino Pro mini

Abstract

Pemanas atau sering disebut juga Heater merupakan salah satu jenis pemanas yang memanfaatkan arus listrik sebagai input daya untuk menghasilkan listrik.Arus listrik yang dihasilkan kebanyakan merupakan arus bolak balik (AC) karena daya yang dibutuhkan cukup besar untuk menaikan suhu pada hetaer tersebut. Karena kebutuhan daya yang cukup besar maka pemakaian listrik juga akan meningkat sehingga konsumsi dan biaya akan cukup besar dikeluarkan, pada penelitian ini penulis akan melakukan suatu rancangan dan membuat suatu bentuk pemanas air dengan menggunakan Arduino pro mini untuk menghasilkan daya yang kecil yang dimanfaatkan untuk memanaskan hetear tersebut. Heater yang berbasis elektronika daya memiliki keterkaitan erat dengan frekuensi kerja. Nilai tegangan dan arus masukan, dan bentuk benda yang akan dipanaskan. Masing-masing faktor tersebut memiliki pengaruh terhadap karakteristik panas yang dihasilkan. Dengan menggunakan microcontroller dan elektronika daya, faktor-faktor tersebut dapat diubah nilainya sehingga memungkinkan untuk pengujian karakteristik panas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Aprianus, Rivaldo M. B., Priskila H. S., Wahyu K., Andreas Setiawan. 2011. Panen Energi Listrik Alternatif dengan Memanfaatkan Teknologi Termoelektrik pada Aspal Jalan Raya. Fakultas Sains dan Matematika. Universitas Kristen Satya Wacana.

. Berkeley Air Monitoring Group, 2012, Stove Performance Inventory Report, prepared for the Global Alliance for Clean Cookstoves, United Nation Foundation

. Byden M., Still, D., Mac Carty, N., Ogle, D., dan Bond, T., 2005, Design Principles for Wood Burning Cook Stoves, Aprovecho Research Center, Amerika.

. Imron Permana, ST, Muhammad. 2016. Pemanfaatan Sumber Panas Pada Kompor Menggunakan 10 Termoelektrik Generator Dirangkai Secara Seri Untuk Aplikasi Lampu Penerangan. Universitas Singaperbangsa Karawang.

. Holman, J.P, Jasfi. 1989 Perpindahan Kalor. Edisi ke Enam. Jakarta : Erlangga.

Downloads

Published

2019-11-16