RANCANG BANGUN MESIN INJECTION MOULDING UNTUK KEPERLUAN HOME INDUSTRI DENGAN BAHAN BAKU SAMPAH PLASTIK

Authors

  • Aripin Aripin Program Teknik Mesin, Fakultas Teknik – Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aa Santosa Program Teknik Mesin Fakultas Teknik – Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iman Dirja Program Teknik Mesin Fakultas Teknik – Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v21i2.1980

Keywords:

Mesin Injection Moulding, Heater, Plastik

Abstract

Sampah plastic pada saat ini merupakan permasalahan yang belum teratasi, dengan meningkatnya jumlah sampah mengaakibatkan kondisi lingkungan menjadi kotor, karena plastik memerlukan waktu yang lama untuk terurai ketika berada dalam tanah.  Permasalahan tersebut mendorong penulis untuk menciba memanfaatkan sampah plastic untuk dijadiakan suatu produk yang bisa menghasikan nilai jualnya. Telah dirancang dan dibuat suatu bentuk mesin injection moulding yang merupakan jenis mesin cetak yang menggunakan panas untuk menurunkan sifat mekanik dari bahan baku (plastic). Mesin yang akan dirancang dan dibuat merupakan jenis mesin yang akan digunakan untuk skala rumah tangga dimana bisa digunakan untuk membuat benda-benda kecil seperti gantungn kunci. Sebagai pemanas menggunakan heater denga daya sebesar 600 watt, jenis pemanas atau hetar nya jenis Band Heater dengan suhu maksimal 400 derajat. Bahan yang akan digunakan terdiri dari baja pelat, baja silindris yang dibentuk dengan proses pemesinan eperti mesin bubut dan mesin las.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbarzadeh, A Sadeghi.Parameter Study in Plastic Injection Moulding Prosess using Statistical Methods and IWO Algoritm. International Journal Modeling And Obtimization , Vol. 1, No.2, June 2011.

Holman, J.P., E. Jasjfi. 1988. PerpindahanKalor, Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1988.

Rahmat, Muhammad Rais. 2015. Perancangan dan Pembuatan Tungku Heat Treatment. Bekasi : e-journal Universitas Islam “45” Bekasi, 2015, Vol. 3.

Sendi, Dwi Oktaviandi. Analisa Pengaruh Parameter Tekanan dan Waktu Penekanan Terhadap Sifat Mekanik dan Cacat Penyusutan Dari Produk Injection Moulding Berbahan Polyethylene (PE), Skripsi S-1 Teknik Mesin, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Cilegon, 2012.

Downloads

Published

2019-11-16