Rancang Bangun Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Web di Desa Wonokerso

Authors

  • Muhammad Kharis Khairudin Universitas Selamat Sri Kendal
  • Mursalim Universitas Sugeng Hartono
  • Tresi Aprilia Universitas Selamat Sri Kendal

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v26i2.19364

Keywords:

black box testing, Pengaduan Masyarakat, Pelayanan publik, Wonokerso, metode waterfall

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami peningkatan sebesar 0.78 poin menjadi 5.58 poin dalam 5 tahun. Kemajuan teknologi tersebut mendorong layanan pemerintah yang lebih transparan, efisen, dan efektif. Pada Penelitian ini, telah di lakukan observasi dan wawancara di kantor Balai Desa Wonokerso, hasilnya pelayanan pengaduan masih kurang efektif karena masyarakat masih cukup sulit untuk melakukan pengaduan masyarakat. Saat ini, pengaduan masyarakat masih menggunakan manual yaitu melalui kotak saran dan musyawarah desa sehingga penyerapan pengaduan masyarakat kurang maksimal keadaan ini memungkinkan banyak masyarakat Desa Wonokerso enggan untuk menyampaikan aspirasi atau pengaduan kepada aparat pemerintah desa. Oleh karena itu, diperlukan adanya rancang bangun sistem pengaduan yang dapat mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi kepada kepala desa. Penelitian tersebut menggunakan metode pengembangan waterfall yang terdiri dari: Analisis, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Adapun hasil penelitiannya adalah sistem pengaduan masyarakat berbasis web telah berhasil dibangun. Kemudian, sistem tersebut telah diuji menggunakan metode blackbox yang terdiri dari hasil 9 parameter fungsi. Hasilnya menyatakan valid 100% sistem tersebut dapat digunakan oleh pengguna. Ada beberapa kekurangan yang perlu dikembangkan lebih lanjut yaitu diperlukan pengembangan menggunakan apliasi mobile seperti android atau MacOS dengan tambahan fitur tracking dan desain UI/UX yang lebih modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, T., & Achsin Samas, M. (2024). Implementasi Software Requirement Spesification dan Waterfall Model pada SIPODANG berbasis Android. In Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) (Vol. 10, Issue 1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse

Arthara, H. (2018). Inovasi Pelayanan Publik berbasis E-Government: Studi kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(1), 66–77. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jpi.v3i1.1412

Bariah, S. H., Irsad, M., & Putra, S. (2020). Penerapan Metode Waterfall Pada Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa. Jurnal Petik, 6(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/petik.v6i1

Christanto, H. J., & Singgalen, Y. A. (2023). Analysis and Design of Student Guidance Information System through Software Development Life Cycle (SDLC) dan Waterfall Model. Journal of Information Systems and Informatics, 5(1), 259–270. https://doi.org/10.51519/journalisi.v5i1.443

De Fretes, A. V. C., Aritonang, M. A. S., Thamrin, M., Masril M. Abrar, Jufri, J., Andaria, C. A., Ernawati, T., Naufal Abdul Razak, Sugianto, C. A., Ekawati, N., Handayani, Y., & Mursalim, M. (2024). Pengantar Pengantar Ilmu Komputer Ilmu Komputer Pengantar Ilmu Komputer (Y. Elfa, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Yayasan Tri Edukasi Ilmiah. https://triedukasiilmiah.or.id

Enterprise, J. (2024). HTML, PHP & MYSQL untuk Pemula (gramedia, Ed.; 1st ed., Vol. 1). PT. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=1v17DwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Herawati, S., Negara, Y. D. P., Febriansyah, H. F., & Fatah, D. A. (2021). Application of the Waterfall Method on a Web-Based Job Training Management Information System at Trunojoyo University Madura. E3S Web of Conferences, 328. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202132804026

Irawan, A. (2018). Sistem Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke Oleh: Dosen STIA Karya Dharma Merauke. Ejournal.Unmus, 7(1), 20–37. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/sjias.v7i01.967

Kistyawati, D., & Wijayanti, E. (2022). Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web (Studi Kasus: Kantor Balai Desa Karangrowo). Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 3(2), 46–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/ijtis.v3i2.7678

Mundzir, M. (2020). Buku Sakti Pemrograman Web Seri PHP (1st ed., Vol. 1). Anak Hebat Indonesia.

Nugroho, F. E., Taufiq, R., & Alfarizi, M. S. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Desa Sukadamai Kabupaten Tangerang. Jurnal Dinamika Universitas Muhammadiyah Tangerang, 6(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v6i2.6003

Pressman, R. S. (2009). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. In www.mhhe.com/pressman. (7th ed., Vol. 1). MC Graw Gill Higher Education. https://whyphi.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2016/01/ebook-pressman-sw-engineering.pdf

Rahayu, T. K., Susanto, & Suwarjono. (2020). Application Report Process of Islamic School Based on Pesantren Boarding Using Waterfall Model. Journal of Physics: Conference Series, 1569(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/2/022025

Sahfitri, A., Apdian, D., Jayawiguna, R., & Suherman, Y. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Desa Karyasari. Seminar Nasional: Invovasi & Adopsi Teknologi, 3(1), 26–37. https://doi.org/https://doi.org/10.35969/inotek.v3i1.297

Santika, E. F. (2023, October 2). Indeks Pembangunan TIK Indonesia Naik Tipis pada 2022. Databoks.

Saravanos, A., & Curinga, M. X. (2023). Simulating the Software Development Lifecycle: The Waterfall Model. Applied System Innovation, 6(6). https://doi.org/10.3390/asi6060108

Setianto, W., Agung, H., & Mursalim. (2018). Implementasi Model MVC (Model View Controller) untuk Aplikasi Saber Pungli dengan berbasis Framework dan SMS Gateway pada Kantor Satgas Saber Pungli Kabupaten Batang. Ristek: Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi, 3(1), 71–82. https://doi.org/https://doi.org/10.55686/ristek.v3i1.48

Wahyu, N. C., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap. Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi, 3(2), 206–210. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/string.v3i2.3048

Wijayanti, T., Nugraha, F., & Utomo, A. P. (2022). Rancang Bangun Sistem Manajemen Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Di Kabupaten Kudus. Journal of Computer and Information System Ampera, 3(1), 2775–2496. https://doi.org/10.51519/journalcisa.v3i1.141

Yuyanah, D. (2024). Karakteristik desa wonokerso. Http://Wonokerso-Kandeman.Desa.Id/. https://wonokerso-kandeman.desa.id/about-us

Downloads

Published

2024-12-17