UJI EFEKTIVITAS IONIZER BBM TERHADAP PENURUNAN EMISI GAS KARBON MONOKSIDA DAN HIDROKARBON PADA MOBIL DENGAN SISTEM KARBURATOR

Authors

  • Lili Mulyatna Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pasundan
  • Yonik Meilawati Yustiani Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Ahmad Sidik Fakultas Teknik - Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v21i1.1614

Keywords:

Emisi CO dan HC, Ionizer BBM, Mobil sistem Karburator

Abstract

Salah satu sumber pencemaran udara di kota besar adalah emisi gas buang yang berasal dari kendaraan. Untuk mengurangi emisi gas buang tersebut, alternatif yang sering digunakan adalah ionizer bahan bakar minyak (BBM) yang pada prinsipnya dapat meningkatkan pembakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan ionizer BBM tersebut untuk mengurangi emisi gas karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) dari proses pembakaran BBM jenis Premium, Pertalite dan Pertamax. Alat yang digunakan untuk mengukur emisi gas buang adalah exhaust gas analyzer, sedangkan kendaraan bermotor yang digunakan adalah mobil dengan sistem karburator. Hasil pengukuran emisi CO dan HC tersebut kemudian diolah untuk mengetahui tingkat efektivitas ionizer BBM. Hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa ionizer BBM memiliki efisiensi penurunan emisi yang berbeda-beda untuk tiap jenis bahan bakar. Penurunan emisi gas CO paling tinggi terjadi pada bahan bakar pertamax sebesar 0,31%, sedangkan penurunan emisi gas HC mencapai sebesar 347,66 ppm. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa efektifitas ionizer BBM dalam mengurangi emisi CO dan HC relatif rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, G., “Tingkat Pencemaran Udara Debu dan Timbal di Lingkungan Gerbang Tol,” Jurnal Jalan dan Jembatan, vol. 32 no 2, pp. 115-124, 2015.

Yahya, W., “Variasi Penggunaan Ionizer dan Jenis Bahan Bakar terhadap Kandungan Gas Buang Kendaraan,” Jurnal Autindo Politeknik Indonusa Surakarta, vol. 1 no. 2, pp. 48-53, 2015.

Ismiyati, Marlita, D., Saidah, D., “Pencemaran Udara Akibat Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor,” Jurnal Manajemen Transportasi dan Logistik (JMTransLog), vol. 1 no. 3, pp. 241-248, 2014.

Dahlan, E. N., “Dampak Pencemaran Udara terhadap Kesehatan Manusia dan Beberapa Komponen Sumberdaya Alam,” Media Konservasi, vol. II no. 2, pp. 39-44, 1989.

Budiyono, A., “Pencemaran Udara: Dampak Pencemaran Udara pada Lingkungan,” Berita Dirgantara, vol. 2 no.1, pp. 21-27, 2001.

Sugiarti, “Gas Pencemar Udara dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan Manusia,” Jurnal Chemica, vol. 10 no. 1pp. 50-58, 2009.

https://xpower-ionizer.com/xpower-prinsip-kerjanya, diakses Januari 2019.

Santoso, B. Kaji Eksperimen Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Sistem Injeksi dan Karburator dengan Variabel Bobot Pengendara. Publikasi Ilmiah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

Mulyono, S., Gunawan, Maryanti, B., “Pengaruh Penggunaan dan Perhitungan Efisiensi Bahan Bakar Premium dan Pertamax terhadap Unjuk Kerja Motor Bahan Bakar Bensin,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 2 no.1, pp. 28-35, 2014.

Luthfi, M., Ahmad R.,D., Setiyo, M., Munahar, S., “Uji Komposisi Bahan Bakar dan Emisi Pembakaran Pertalite dan Premium,” Jurnal Teknologi Universitas Muhammadiyah Jakarta, vol. 10 no. 1, pp. 67-72, 2018.

Nazir, M. Metode Penelitian. Cetakan ke-9. Bogor: Ghalia Indonesia. 2014.

Downloads

Published

2019-06-15