KAJIAN MENGENAI KONTAMINASI MIKROORGANISME PADA MAKANAN YANG DIJUAL DI PINGGIR JALAN

Authors

  • Yonik Yustiani Pasundan University
  • Dwi Antono Sigalingging Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Herdian Fitranandia Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Novia Indriyani Supendi Fakultas Teknik - Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v21i1.1613

Keywords:

Escherichia coli, Kontaminasi Mikroorganisme, Makanan

Abstract

Penjualan makanan di pinggir jalan banyak ditemui di daerah sekitar perkantoran dan area pendidikan. Masyarakat memilih membeli makanan dari penjualan di pinggir jalan dengan alasan harga yang murah dan kemudahan dalam mendapatkannya. Namun kondisi lingkungan yang buruk dapat mengkotaminasi makanan tersebut dengan bakteri penyebab penyakit. Salah satu mikroorganisme yang berpotensi mengkotaminasi makanan adalah Escherichia coli. Bakteri tersebut dapat mengakibatkan penyakit pada sistem pencernaan. Kajian ini dilakukan untuk mengidentifikasi keberadaan Escherichia coli dan coliform pada makanan yang dijual di pinggir jalan pada daerah pendidikan sekitar Jalan Setibabudhi, Kota Bandung. Sampel makanan yang dipilih untuk diuji adalah bakso, buah jambu dan tahu. Uji yang dilakukan di laboratorium mikrobiologi Teknik Lingkungan meliputi uji pendugaan melihat reaksi gas dan asam yang ditimbulkan serta uji penegasan untuk mengidentifikasi keberadaan jenis mikroorganisme yang terkandung dalam sampel makanan tersebut. Uji laboratorium menunjukkan bahwa seluruh jenis sampel, baik bakso, buah jambu maupun tahu teridentifikasi bakteri Escherichia coli. Tingkat kontaminasi yang paling tinggi diperlihatkan oleh tahu. Berdasarkan hasil tersebut, maka direkomendasikan agar higienitas penjual makanan di pinggir jalan ditingkatkan baik dari alat yang digunakan maupun lingkungan penjualan. Isolasi yang baik dapat diterapkan untuk makanan agar tidak terkontaminasi dengan pencemar yang terdapat pada lingkungan. Selain itu, direkomendasikan juga agar konsumen dapat melakukan pemrosesan tambahan sebelum mengkonsumsi makanan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afni, N. “Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Jajanan di SDN Natam Kecamatan Badar Tahun 2017,” Jurnal Berkala Kesehatan, vol. 3 no. 2, pp. 59-66, 2017.

Susana, D., Indrawani, Y.M., Zakianis. “Kontaminasi Bakteri Escherichia coli pada Makanan Pedagang Kaki Lima di Sepanjang Jalan Margonda Depok, Jawa Barat,” Kesmas National Public Health Journal, vol. 5, pp. 110-115, 2010.

Zikra, W., Amir, A., Putra, A.E., “Identifikasi Bakteri Escherichia coli (E.coli) pada Air Minum di Rumah Makan dan Café di Kelurahan Jati serta Jati Baru Kota Padang”, Jurnal Kesehatan Andalas, vol. 7 no. 2, pp. 212-216, 2018.

Badan Standarisasi Nasional. SNI 01-2332-1991: Cara Penentuan MPN (Most Probable Number). Jakarta: Badan Standarisasi Nasional, 1991.

Alang, H., “Deteksi Coliform Air PDAM di Beberapa Kecamatan Kota Makassar,” Prosiding Seminar Nasional Mikrobiologi Kesehatan dan Lingkungan, ISBN978-602-72245-0-6, 29 Januari 2015.

Pratiwi, L. R. “Hubungan antara Personal Hygiene dan Sanitasi Makanan dengan Kandungan E. coli pada Sambal yang disediakan Kantin Universitas Negeri Semarang Tahun 2012,” Unnes Journal of Public Health, vol. 3 no. 4, pp. 17-26, 2014.

Widiyanti, N.L.P.M., Ristiani, N.P., “Analisis Kualitatif Bakteri Koliform pada Depo Air Minum Isi Ulang di Kota Singaraja Bali,” Jurnal Ekologi Kesehatan, vol. 3 no. 1, pp. 64-73, 2004.

Rauf, R. Sanitasi Pangan dan HACCP. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Putri, A.M., Kurnia, P., “Identifikasi Keberadaan Bakteri Coliform dan Total Mikroba dalam Es Dung-Dung di sekitar Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta,” Media Gizi Indonesia, vol. 13 no. 1, pp. 41-48, 2018.

Rachman, I., Matsumoto, T., Yustiani, Y.M., “Influence of Parents’ Behavior to Children Awareness on the Environmental Preservation”, Journal Sampurasun: Interdisciplinary Studies for Cultural Heritage, vol. 1, no. 1, pp. 1-6, 2015.

Downloads

Published

2019-06-15