Peran Generasi Muda dalam Upaya Memahami dan Menganalisis Isu-Isu Permasalahan Lingkungan Hidup di Indonesia

Authors

  • Indriyani Rachman Universitas Pakuan, The University of Kitakyushu
  • Toru Matsumoto The University of Kitakyushu
  • Yonik Meilawati Yustiani Universitas Pasundan http://orcid.org/0000-0001-6963-0295

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v26i1.14307

Keywords:

SDGs, generasi muda, Indonesia, isu lingkungan

Abstract

Indonesia menghadapi tantangan lingkungan yang signifikan, termasuk deforestasi, polusi, dan hilangnya keanekaragaman hayati. Pelibatan generasi muda sangat penting dalam mengatasi masalah-masalah yang kompleks ini terutama dalam kaitannya dengan SDGs (Sustainable Development Goals). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mahasiswa dalam memahami upaya-upaya untuk menganalisis masalah lingkungan di Indonesia. Pendekatan metode yang digunakan yaitu dengan mengadakan workshop yang dilanjutkan dengan penyebaran kuesioner pada 26 peserta, terdiri dari 18 mahasiswa dan 8 instruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para peserta menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kesadaran yang kuat akan isu-isu SDGs di Indonesia dan menyadari pentingnya keterlibatan aktif dalam menganalisis dan mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Lokakarya ini memfasilitasi diskusi mengenai solusi potensial dan mendorong para mahasiswa untuk menjadi agen perubahan yang aktif. Studi ini menyoroti kontribusi berharga yang dapat diberikan oleh generasi muda dalam memahami dan mengatasi masalah lingkungan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Koh, L. P., & Wilcove, D. S. (2008). Is oil palm agriculture really destroying tropical biodiversity?. Conservation letters, 1(2), 60-64.

Margono, B. A., Potapov, P. V., Turubanova, S., Stolle, F., & Hansen, M. C. (2014). Primary forest cover loss in Indonesia over 2000–2012. Nature climate change, 4(8), 730-735.

Barth, M., & Rieckmann, M. (2012). Academic staff development as a catalyst for curriculum change towards education for sustainable development: an output perspective. Journal of Cleaner Production, 26, 28-36.

Juned, M., Kusumastuti, R.D., & Darmastuti, S. (2018). Penguatan Peran Pemuda dalam Pencapaian Tujuan Ketiga Sustainable Development Goals (SDGs) di Karang Taruna Kelurahan Serua, Bojongsari, Depok. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, pp.7.

Nasrullah. (2022). The Role of Youth in Program Achievement Sustainable Development Goals (SDGs). Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 5(2),246-266.

Kollmuss, A., & Agyeman, J. (2002). Mind the gap: why do people act environmentally and what are the barriers to pro-environmental behavior?. Environmental education research, 8(3), 239-260.

Otsuka, A., Matsumoto, T., & Aikoh, T. (2013). Environmental education and awareness for sustainable tourism: a case study of the Shiretoko World Natural Heritage site, Japan. International Journal of Sustainable Future for Human Security, 1(1), 35-44.

Paço, A., & Lavrador, T. (2017). Environmental knowledge and attitudes and behaviours towards energy consumption. Journal of Environmental Management, 197, 384-392.

Purcell, M., & Magette, W. L. (2010). Attitudes and behaviour towards waste management in the Dublin, Ireland region. Waste Management, 30(8-9), 1997-2006.

Varotto, A., & Spagnolli, A. (2017). Psychological strategies to promote household recycling. A systematic review with meta-analysis of validated field interventions. Journal of environmental psychology, 51, 168-188.

Yıldız-Biçer, B., Peker, I., & Doğan, C. D. (2014). An assessment of university students' awareness and attitudes toward environmental education and issues. Anthropologist, 18(1), 173-181.

Yustiani, Y.M., Hasbiah, A.W. & Mutmainah, L. (2018). Utilisation of sustainable green energy in young generation. MATEC Web of Science 197, 13021.

Downloads

Published

2024-06-04