System Usability Scale dalam Evaluasi Pengembangan Aplikasi Prospect menggunakan Metode Activity Oriented Design

Authors

  • Adinda Istika Maulia Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Sepyan Purnama Kristanto Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Lutfi Hakim Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v26i1.14094

Keywords:

Activity Oriented Design, Prospect, System Usability Scale

Abstract

Pengembangan aplikasi yang memenuhi kebutuhan pengguna dan memberikan pengalaman pengguna yang baik merupakan tantangan utama dalam desain perangkat lunak. Dalam konteks ini, evaluasi kebergunaan sistem (usability) menjadi krusial untuk memastikan aplikasi yang dikembangkan dapat diadopsi dan digunakan secara efektif oleh pengguna. Salah satu metode yang digunakan dalam evaluasi kebergunaan adalah System Usability Scale (SUS), yang telah terbukti menjadi alat yang sederhana dan efektif untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap sebuah sistem. Dalam penelitian ini, mengusulkan penggunaan SUS untuk mengevaluasi pengembangan aplikasi Prospect yang bertujuan untuk menemukan kepuasan pengguna. Dengan menggunakan metode AOD, aplikasi Prospect dirancang untuk memahami aktivitas pengguna dan memastikan kebutuhan pengguna terpenuhi dalam interaksi dengan aplikasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penerapan SUS dalam pengembangan aplikasi Prospect menggunakan metode AOD berhasil memberikan nilai kepuasan pengguna yang dengan skor 86,25 yang berada dalam kategori Grade A. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam memahami efektivitas metode AOD dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan kebergunaan aplikasi Prospect.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., Saputra, E., Rozanda, N. E., & Ahsyar, T. K. (2021). Evaluasi Usability Website Dinas Pendidikan Provinsi Riau Menggunakan Metode System Usability Scale. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 7(2), 125-132.

Kosim, M. A., Aji, S. R., & Darwis, M. (2022). Pengujian Usability Aplikasi Pedulilindungi Dengan Metode System Usability Scale (Sus). J. Sist. Inf. dan Sains Teknol, 4(2), 1-7.

Defriani, M., Resmi, M. G., & Jaelani, I. (2021). Uji Usability Dengan Metode Cognitive Walkthrough Dan System Usability Scale (SUS) Pada Situs Web STT Wastukancana. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 4(1), 30-39.

Pischetola, M., Møller, J. K., & Malmborg, L. (2023). Enhancing teacher collaboration in higher education: the potential of activity-oriented design for professional development. Education and Information Technologies, 28(6), 7571-7600.

Kristanto, S. P., Chandra, F. H., & Pramana, E. (2017). Penerapan Activity Oriented Design Pada Pengembangan Aplikasi Mobile Learning.

Rahayuningtyas, W., & Wahyuningtyas, T. (2021, December). Application of Activity Oriented Design (AOD) in the Development of E-Learning Tari Daerah Malang. In International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC 2021) (pp. 312-317). Atlantis Press.

Setiawan, D., & Wicaksono, S. L. (2020). Evaluasi Usability Google Classroom Menggunakan System Usability Scale. Walisongo Journal of Information Technology, 2(1), 71-78.

Surahman, M., Widiyasono, N., & Gunawan, R. (2021). Analisis usability dan user experience aplikasi konsultasi kesehetan online menggunakan system usability scale dan user experience questionnaire. Jurnal Siliwangi Seri Sains dan Teknologi, 7(1).

Subhiyakto, E. R., & Astuti, Y. P. (2019). Pengembangan Aplikasi Penjadwalan Rapat Menggunakan Metode Phased Development. Dinamika Rekayasa, 15(1), 35-46.

Downloads

Published

2024-06-17