Implementasi Algoritma Weighted Product Untuk Seleksi Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) pada Institut Teknologi Pagar Alam

Authors

  • Agung Saputra Institut Teknologi Pagar Alam
  • Yadi Yadi Institut Teknologi Pagar Alam
  • Siti Aminah Institut Teknologi Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v26i1.13760

Keywords:

Program Indonesia Pintar (PIP), Weighted Product, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Artikel ini mengusulkan implementasi algoritma dalam proses seleksi penerima Program Indonesia Pintar (PIP) di lingkungan kampus, dengan fokus pada Institut Teknologi Pagar Alam. Dengan menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, studi ini menganalisis berbagai kendala dalam seleksi penerima PIP dan mengembangkan algoritma Weighted Product untuk menilai kebutuhan masing-masing mahasiswa untuk bantuan pendidikan. Penggunaan algoritma ini diharapkan dapat meningkatkan akurasi dalam menentukan penerima bantuan, menciptakan kebijakan yang lebih adil, dan secara keseluruhan meningkatkan efektivitas Program Indonesia Pintar di kampus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma Weighted Product dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan kontekstual dalam menentukan penerima bantuan. Oleh karena itu, menggunakan algoritma ini dapat mengarah pada pembentukan sistem yang transparan, dan efektif untuk menangani masalah-masalah kompleks dalam distribusi Program Indonesia Pintar di kampus, dengan menekankan pentingnya pendekatan objektif untuk memastikan akses pendidikan yang adil dan merata bagi semua individu, terutama mereka yang secara finansial kurang mampu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia.

Chen, F., Zhang, L., Lian, X., & Niu, N. (2022). Automatically recognizing the semantic elements from UML class diagram images. Journal of Systems and Software, 193, 111431. https://doi.org/10.1016/j.jss.2022.111431

Gunawan, A. A. S., Clemons, B., Halim, I. F., Anderson, K., & Adianti, M. P. (2023). Development of e-butler: Introduction of robot system in hospitality with mobile application. Procedia Computer Science, 216, 67–76. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.12.112

Irfan, M., Zulfikar, W. B., Ramadanti, R. A., Wahana, A., & Gerhana, Y. A. (2023). Machine learning approach for scholarship candidate selection on Islamic State University in Indonesia. 040042. https://doi.org/10.1063/5.0130047

Irwanto. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten) Irwanto. In Lectura: Jurnal Pendidikan (Vol. 12, Issue 1).

Kusuma Dewi, E. H., Shiddiq Pratama, I., Sukma Putera, A., & Carudin. (2022). Black Box Testing Pada Aplikasi Pencatatan Peminjaman Buku Menggunakan Boundary Value Analysis.

Laaziri, M., Benmoussa, K., Khoulji, S., & Kerkeb, M. L. (2019). A Comparative study of PHP frameworks performance. Procedia Manufacturing, 32, 864–871. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.295

Mardian, D., Neneng, N., Puspaningrum, A. S., Hasibuan, A., & Tinambunan, M. H. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Weight Product (WP). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(2), 158–166. https://doi.org/10.33365/jatika.v4i2.2593

Muslim, B., Puspita, D., & Syahri, R. (2023). Implementasi Metode Weighted Product (WP) Dalam Menentukan Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Kurang Mampu. In Riduan Syahri Jurnal Ilmiah Betrik (Vol. 14, Issue 02).

Ndihokubwayo, K., Uwamahoro, J., & Ndayambaje, I. (2020). Implementation of the Competence-Based Learning in Rwandan Physics Classrooms: First Assessment Based on the Reformed Teaching Observation Protocol. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(9). https://doi.org/10.29333/EJMSTE/8395

Purwantono, H. Y., Gunawan, A. A. S., Tolle, H., Attamimi, M., & Budiharto, W. (2021). A literature review: Feasibility Study of technology to improve shopping experience. Procedia Computer Science, 179, 468–479. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.01.030

Rahman, N. A. A., Sairi, I. H., Zizi, N. A. M., & Khalid, F. (2020). The importance of cybersecurity education in school. International Journal of Information and Education Technology, 10(5), 378–382. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.5.1393

Roy Irawan, A., & Rohman Cholil, S. (2023). Decision support system to determine the best customer using weighted aggregated sum product assessment method.

Sekertaris Jenderal KEMDIKBUDRISTEK. (2023). Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 13 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi.

Sembiring, B. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kualitas Tempe Siap Jual Dengan Metode Weight Product. Jurnal Teknoif, 8(2), 53. https://doi.org/10.21063/jtif.2020.v8.2.53-58

Sharma, R., Dwivedi, L. K., Jana, S., Banerjee, K., Mishra, R., Mahapatra, B., Sahu, D., & Singh, S. K. (2022). Survey implementation process and interviewer effects on skipping sequence of maternal and child health indicators from National Family Health Survey: An application of cross-classified multilevel model. SSM - Population Health, 19. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2022.101252

Supriyanti, W. (2023). Comparative analysis of the sensitivity test of the SAW and WP methods in scholarship selection.

Downloads

Published

2024-06-17