PENGARUH ANTHROPOMETRI DAN LINGKUNGAN FISIK KERJA PADA KECEPATAN WAKTU PERAKITAN OTOPED

Authors

  • Hermita Dyah Puspita Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Anis Septiani Fakultas Teknik - Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v20i2.1212

Keywords:

Pengaruh, Anthropometri, Faktor Lingkungan Fisik Kerja

Abstract

Keberhasilan kerja manusia dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu : faktor individual dan faktor situasional. Faktor individual adalah faktor yang sudah melekat dan sudah ada pada diri masing-masing pekerja dimana hal ini tidak bisa diubah, salah satu contohnya adalah ukuran anthropometri individu pekerja. Sedangkan faktor situasional justru merupakan faktor yang dapat diubah dan dapat diatur. Faktor lingkungan dimana individu bekerja merupakan faktor situasional, seperti: temperatur, kelembaban, sirkulasi udara, kebisingan, getaran mekanik, warna, bau-bauan dan pencahayaan. Lingkungan kerja dikatakan baik jika pekerja dapat melakukan pekerjaan secara optimal, sehat dan aman. Ketidaksesuaian lingkungan kerja dapat mempengaruhi performansi pekerja dalam bekerja dimana dalam jangka panjang hal tersebut akan menyebabkan penurunan produktifitas kerja. Oleh karena itu lingkungan kerja harus dibuat dan atau dirancang sedemikian  rupa sehingga menjadi kondusif bagi pekerja untuk melakukan pekerjaannya dengan nyaman dan aman. Dari penelitian ini didapatkan ukuran anthropometri yang ideal untuk pekerja perakitan otoped yang menghasilkan performansi kerja yang optimal adalah persentile ke-80 dan juga diketahui temperatur 20°C - 30°C masih merupakan temperatur yang nyaman buat pekerja perakitan otoped, kebisingan 50 dB- 85 dB juga masih merupakan kebisingan yang nyaman buat pekerja perakitan otoped dan pencahayaan yang nyaman bagi pekerja perakitan otoped yang dapat menghasilkan produktifitas kerja yang baik adalah pada 150 lux.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sutalaksana, I., Anggawisastra, R., Tjakraatmadja, J, H. (2006). Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: Penerbit ITB Bandung.

Akbari, J., Dehghan, H., Azmoon, H., Forouharmajd, F. (2013). Relationship between Lighting and Noise Levels and Productivity of the Occupants in Automotive Assembly Industry. Journal of Environmental and Public Health Volume 2013.

Vimalanathan, K., Babu, R. B. (2014). The Effect of Indoor Office Enviroment On The Work Performance, Health and Well-being of Office Workers. Journal of Environmental Health Science and Engineering 201412:113.

Seppanen, O., Fisk, J. W., Lei, Q.,(2006). Effect of Temperature On Task Performance In Office Enviroment. Indoor Air Journal 14 (suppl17) pp: 74-81.

Downloads

Published

2018-11-23